KUD Trirenggo Bantu Sediakan Benih Padi Unggul Petani

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Memasuki awal musim penghujan, Koperasi Unit Desa (KUD) Gemah Ripah Damandiri Trirenggo Bantul berupaya membantu para petani di Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo untuk memulai musim tanam tahun ini. Hal itu dilakukan dengan menyediakan benih padi berkualitas unggul, serta harga yang terjangkau bagi seluruh petani. 

Manager Umum KUD Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah mengatakan di awal musim penghujan atau awal masa tanam seperti sekarang ini, banyak warga di Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo yang membutuhkan benih padi untuk disemai. Hal itu tak lepas karena mayoritas warga di Desa Trirenggo berprofesi sebagai petani.

Tercatat ada sedikitnya 1000 lebih kepala keluarga di Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo menggantungkan hidupnya dari hasil bertani. Mereka tersebar di sebanyak 14 Kelompok Tani, dengan rata-rata setiap kelompok memiliki sekitar 75 anggota.

“Kita berupaya membantu petani di Desa Trirenggo ini dengan menyediakan benih padi unggul yang kita jual di Warung Cerdas Damandiri. Penjualan berbagai macam jenis bebih padi ini sudah kita lakukan sejak sekitar satu bulan terakhir,” ujar Ambyah di Bantul, Selasa (17/12/2019).

Bekerja sama dengan produsen benih lokal, Koperasi Gemah Ripah Damandiri Trirenggo Bantul, menjual aneka macam benih padi unggul. Mulai dari jenis Inpari 19, Inpari 23, Inpari 30, PP, Situbagendit, Mekongga, Ciherang dan berbagai jenis benih padi lainnya.

Dengan upaya ini diharapkan para petani di Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo tak perlu jauh-jauh membeli atau mendapatkan benih padi berkualitas. Karena mereka bisa mendapatkannya di Koperasi Gemah Ripah Trirenggo melalui unit usaha Toko Cerdas Damandiri.

“Selain bertujuan membantu para petani di wilayah Desa Trirenggo, penjualan benih padi ini juga bisa memberikan keuntungan bagi koperasi. Dengan memanfaatkan momen yang ada, koperasi pun bisa mendapatkan pemasukan untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan seluruh anggota koperasi,” katanya.

Lihat juga...