Kue Ape, Kudapan Khas Tanah Pasundan

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Tanah Pasundan memiliki beragam kudapan khas yang memiliki keunikan tersendiri. Di samping nama dan bentuk, rasanya pun bervarian. Salah satunya kue Ape, jajanan tradisional yang kerap ditemui di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kue Ape hampir memiliki kesamaan dengan serabi jajanan khas Betawi. Tetapi, kue Ape memiliki bentuk berbeda dengan seluruh bagian pinggirnya memiliki tepung garing, dan hanya  menyisakan sedikit permukaan empuk di bagian tengahnya.

“Kue Ape yang saya jual khas Bandung. Tidak tahu kalau kue ini asal mula dari daerah mana,” ujar Rizky, penjual Ape di Kota Bekasi, Jawa Barat, ditemui Cendana News, di belakang stasiun kereta di Bulan Bulan, Sabtu (7/12/2019).

Selain mangkal di belakang stasiun kereta, Rizky juga berjualan di kawasan car free day (CFD) samping plaza Pemkot Bekasi, setiap hari Minggu. Untuk omzet, dia mengaku lumayan banyak setiap harinya.

Rizky, penjual Kue Ape di Kota Bekasi saat mangkal di belakang Stasiun Kereta Bulan Bulan, Sabtu (7/12/2019). –Foto: M Amin

Menurutnya, kue Ape berasal dari Bandung, dahulu dalam proses pembuatannya menggunakan arang. Namun, dia juga tidak membantah jika dikatakan khas Jakarta, atau daerah lainnya, mungkin sama tapi namanya yang berbeda.

Kue Ape yang dijualnya  menyerupai pancake. Karena bentuknya, orang juga menyebutnya sebagai kue tetek, terutama jika dicampur susu.

Kue yang biasa dijajakan di jalan atau di depan sekolah tersebut, memiliki bahan baku tepung terigu yang dicampur dengan susu, dan telur.

“Tapi kue Ape yang saya jual bahan bakunya pandan, santan, gula, terigu, dan tepung beras. Semua diaduk jadi satu. Setelah itu diberi soda, agar bisa mengembang,” ujarnya.

Rizky menjual tiga kue Ape sebesar Rp5.000. Omzet bagi dua dengan modal. Misalkan, modal Rp200 ribu, bisa tembus Rp400 ribu sehari. Saat CFD, penjualan bisa lebih tinggi lagi.

“Bahan baku sekarang lumayan mahal, seperti tepung, telur dan lainnya, melonjak . Tapi harga tetap, Rp1.500 untuk satuannya,” tandasnya.

Rizky berjualan dengan modal sendiri dan tidak setor kepada pihak lain. Sehingga dia mengaku dari hasilnya berjualan kue Ape, lumayan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.

Lihat juga...