Lestarikan Budaya Tradisi, TMII Tampilkan Kreasi Seniman Nusantara

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

JAKARTA — Taman Mini Indonesia Indah terus berkomitmen untuk melestarikan budaya tradisi dengan memberikan kesempatan kepada seniman-seniwati nusantara. Seperti pada Jumat (20/12/2019 malam, The Ary Suta Center bersama Balerung Mandera Srinertya Waditra tampil dalam pagelaran seni pertunjukkan tradisi bertajuk ‘Joged Pingitan Legong Calonarang Jenger Klasik Peliatan’ di Sasono Langen Budoyo TMII, Jakarta.

Kepala Bagian Produksi dan Kreatif Program Bidang Budaya TMII, Trimawarsanti mengatakan, pagelaran ini dipersembahkan sebagai ruang kreativitas bagi para seniman-seniman dari seluruh Indonesia untuk menampilkan karya seni tradisi.

“Kerjasama dengan The Ary Suta Center dan Balerung Mandera Srinertya Waditra, mempersembahkan legong pialatan, joged pingitan, dan janger klasik peliatan,” kata Santi kepada Cendana News ditemui di sela acara di Sasono Langen Utomo TMII, Jakarta, Jumat malam (20/12/2019).

TMII Lestarikan Budaya Tradisi dengan Tampilkan Kreasi Seniman Nusantara

Pertunjukkan ragam tarian khas Bali lainnya ikut dikemas secara khusus dan apik dalam pagelaran pamungkas kegiatan di 2019 ini.

“Sepanjang 2019, ada 8 pertunjukkan seni tradisi yang ditampilkan. Malam ini merupakan pagelaran pamungkas,” ujarnya.

TMII selalu memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya generasi muda agar lebih mencintai budayanya sendiri. Santi merasa bangga karena pertunjukan tarian klasik Bali, banyak sekali penontonnya anak-anak muda.

“Harapannya, gelar seni pertunjukan tradisi ini menjadi motivasi mereka untuk lebih mengenal budaya adiluhung dari Indonesia,” ujar Trimawarsanti yang merupakan penanggungjawab pertunjukan seni tradisi ini.

Tari Legong Calonarang, persembahan The Ary Suta Center dan Balerung Mandera Srinertya Waditra pada gelar seni pertunjukan tradisi di Sasono Langen Budoyo TMII, Jakarta, Jumat malam (20/12/2019). Foto: Sri Sugiarti.

Dia menegaskan, pagelaran ini diadakan sesuai dengan visi dan misi TMII, yakni pelestarian, pembinaan dan pengembangan budaya bangsa. Tujuan pertunjukan mengajak para seniman untuk bersama-sama melestarikan dan mengembangkan budaya tradisi.

Lihat juga...