Libur Nataru, Kesehatan Pelabuhan Periksa Puluhan Pasien

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

LAMPUNG — Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Panjang mencatat, dalam libur Natal dan Tahun Baru, hingga saat ini penumpang kapal yang mengalami gangguan kesehatan dan mendapatkan pemeriksaan sebanyak 26 orang.

Suwoyo, S. Kep, Koordinator Wilayah Pos Pelayanan Kesehatan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Panjang saat ditemui Cendana News, Jumat (27/12/2019). Foto: Henk Widi

“Sejumlah dignosa yang ditangani oleh petugas kesehatan di Bakauheni meliputi sesak napas, pusing, pingsan, mabuk laut dan berbagai keluhan penyakit lainnya,” terang Suwoyo, S. Kep, koordinator wilayah pos pelayanan KKPs aat dikonfirmasi Cendana News di Bakauheni, Jumat (27/12/2019).

Disebutkan, seorang pasien bernama Sumi asal Cianjur yang menyeberang ke Bakauheni dari Merak dirujuk ke RS Bob Bazaar Kalianda karena sesak napas. Sementara untuk sisanya mendapatkan terapi, pemberian obat dan pemeriksaan. 

Petugas kesehatan memberikan saran agar penumpang menjaga kondisi badan sebelum melakukan perjalanan. Selain itu bagi penumpang yang sakit dan harus dirujuk dengan ambulance akan mendapat tanggungan dari Jasa Raharja.

Dikatakan, posko kesehatan di pelabuhan Bakauheni disiagakan sejak 22 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020 mendatang. Kesiapan selama angkutan libur Nataru meliputi 4 dokter, 10 perawat, 8 sanitarian, petugas laboratorium, rontgen dan 2 unit ambulans.

Selama arus libur Nataru ia menyebut tidak menemukan kasus gangguan kesehatan yang membahayakan. Selain fasilitas kesehatan memadai KKP Kelas II Panjang juga melakukan sosialisasi agar perjalanan masyarakat sehat, aman dan selamat.

Sejumlah imbauan diberikan melalui banner di antaranya melakukan cuci tangan, sarapan sebelum perjalanan, konsumsi makanan bergizi dan membawa bekal dari rumah.

Bagi penumpang kapal pemanfaatan waktu istirahat harus digunakan dengan baik jika kondisi badan tidak prima. Kondisi cuaca perairan yang mengakibatkan motion sickness atau mabuk laut diantisipasi dengan membawa obat obatan pencegah dan menjaga badan tetap prima.

Para penumpang yang akan naik kapal diberi kesempatan memeriksakan diri di pos kesehatan.

“Selain KKP Kelas II Panjang di dekat loket pembelian tiket juga disediakan posko kesehatan oleh Polda Lampung melalui posko Biddokes. Sejumlah tenaga medis disiagakan untuk memeriksa kondisi calon penumpang yang akan naik kapal selama libur Nataru,” tambahnya.

Lihat juga...