Libur Nataru: RS TC Hillers Maumere Tetap Terima Pasien Rujukan

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

MAUMERE — Selama liburan hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RS. TC Hillers Maumere kabupaten Sikka provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tetap memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam.

Direktur RS TC Hillers Maumere kabupaten Sikka provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ditemui di ruangannya, Jumat (27/12/2019). Foto : Ebed de Rosary

Para pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan bukan saja berasal dari wilayah kabupaten Sikka, namun juga rujukan dari rumah sakit lainnya di pulau Flores dan Lembata.

“Pelayanan di rumah sakit seperti biasa dan kami hanya tutup saat tanggal merah pada 25 Desember dan 1 Januari 2020,” ungkap dr. Clara Yosefina Francis, MPH, direktur RS TC Hillers Maumere, kabupaten Sikka, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (27/12/2019).

Sedangkan tanggal 24, 26 dan 31 Desember dan tanggal 2 Januari 2020 kata Clara, pihaknya hanya buka setengah hari untuk pelayanan rawat jalan saja, sementara untuk Unit Gawat Darurat (UGD) tetap 24 jam melayani pasien.

“Rujukan dari luar daerah tetap kami terima terutama rujukan emergency. Sedangkan rujukan elektif atau rujukan berencana dari Puskesmas di kabupaten Sikka disesuaikan dengan jadwal konsulan dan rujukan dari setiap Puskesmas,” tuturnya.

Loket pendaftaran untuk pasien rawat jalan untuk tanggal 24 dan 31 Desember 2019 tambah Clara, tetap buka dari jam 8 sampai jam 10.00 WITA. Sementara tanggal 26 Desember dan tanggal 2 Januari 2020 loket buka jam 08 sampai 11.00 WITA.

“Untuk pasien rujukan biasanya terbanyak kebidanan. Dokter kami liburan tetap bergantian kecuali Anastesi hanya satu orang sehingga tetap stand by,” ungkapnya.

Jumlah karyawan sebanyak 657 orang kata Clara dimana perawat, bidan dan dokter sekitar 428 orang yang bertugas di pelayanan langsung sementara sisanya karyawan penunjang lainnya seperti bagian dapur, listrik, keamaman, kebersihan dan lainnya.

“Pelayanan tetap berjalan normal selama liburan panjang Natal dan Tahun Baru dan hari libur lainnya. Jumlah pasien pun sama seperti biasa tidak ada lonjakan sama sekali,” terangnya.

Pasien dengan semua jaminan baik BPJS, Surat Keterangan Tanda Miskin, Jasa Raharja, semuanya mendapatkan pelayanan bahkan yang tidak punya biaya bisa ditolong terlebih dahulu dan pembayarannya kemudian.

Klemensia Nona salah seorang pasien yang ditemui di ruangan poliklinik RS TC Hillers Maumere mengaku membawa saudarinya untuk berobat di rumah sakit ini.

Klemensia katakan, pihaknya tetap mendapatkan pelayanan dengan baik dan dokter pun tetap tersedia sehingga pasien tetap mendapatkan perawatan dengan baik.

“Sekarang sudah bagus pelayanannya dan tempatnya juga lebih bersih. Ada ruang tunggu yang nyaman juga bagi pengantar sehingga bisa beristirahat dengan baik,” ungkapnya.

Lihat juga...