Libur Tiba, Ratusan Anak Kota Bekasi Ikuti Sunatan Massal

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Memanfaatkan momen libur sekolah, sebanyak 173 anak yatim dan dhuafa di Kota Bekasi, Jawa Barat, mengikuti sunatan massal yang digelar Lembaga Amil Zakat (LAZ) Ucare Indonesia, di Gedung Pengairan, Bekasi Timur, Minggu (22/12/2019).

Ketua LAZ Ucare Indonesia Kota Bekasi, Muhammad Anwar, di sela-sela giat sunatan massal, mengatakan, khitan tersebut sengaja dikhususkan bagi anak yatim dan dhuafa. Kali ini, memasuki tahun kesepuluh  dilaksanakan di Kota Patriot.

“Jadi kita setiap tahun mengambil momen liburan sekolah menyelenggarakan khitanan massal kali ini dilaksanakan di dua tempat Bekasi Timur dan di Jatiasih,” ujar Anwar.

Muhammad Anwar, Ketua LAZ Ucare Indonesia, Kota Bekasi, ditemui Minggu (22/12/2019). -Foto: M. Amin

Anwar mengatakan, khitanan massal yang dilaksanakan tersebut berkat dukungan beberapa pihak yang sengaja menitipkan kepada LAZ Ucare untuk melakukan khitanan massal dengan segmen dhuafa dan yatim .

Menurutnya, persoalan yang dihadapi setiap khitan massal terkait kuota yang dibatasi dan juga mengacu pada segmen memang dibatasi dibatasi seratus peserta guna meminimalisir masalah waktu, juga dibatasi tempat. Untuk itu, imbuhnya, di ujung tahun 2019 digelar di dua tempat.

“Tahun ini khitan massal digelar di dua tempat di Kota Bekasi, yakni Kecamatan Bekasi Timur dan Jatiasih. Hak tersebut dilakukan karena pesertanya terus meningkat,” papar Anwar mengaku bahwa dalam giat tersebut disaksikan langsung beberapa donatur.

Sunatan massal tersebut dibawah pengawasan klinik Imani dan dibantu enam tim dokter melakukan sunatan massal. LAZ Ucare hanya memiliki kewajiban membagikan sumbangan donatur kepada penerima sesuai dengan program yang dilaksanakan.

Peserta sunat dari anak yatim dan dhuafa tersebut mendapat berbagai perlengkapan setelah mengikuti sunat disamping transportasi. Mereka juga mendapatkan baju, sarung, kopyah dan perlengkapan sekolah.

“Bahkan tahun ini untuk memotivasi peserta sunat LAZ Ucare memberikan doorprize dengan hadiah utama seperti sepeda,” ucap Anwar.

Dia berharap ke depan bisa konsisten terlaksana di dua tempat. Anwar juga meminta ada sistem kemitraan sehingga bisa dilaksanakan secara serentak. “Untuk jumlah peserta memang idealnya seratus anak di satu tempat. Karena jika lebih kasihan anak yang menunggu giliran,” jelasnya.

LAZ Ucara adalah lembaga amil zakat, layanan sosial. Sunatan massal sendiri, memberikan langsung tanpa ada pemberdayaan ekonomi pendampingan bagi usaha kecil masyarakat.

Lihat juga...