Liburan Akhir Tahun, Pantai Padang Diserbu Wisatawan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PADANG – Tempat wisata Pantai Padang, Sumatera Barat, mulai didatangi wisatawan nusantara untuk menikmati libur lebaran akhir tahun. Pantai Padang merupakan salah satu wisata popupler, dan biasanya Pantai Padang ini memang ramai dikunjungi di momen liburan penghujung pekan.

Salah seorang pengunjung asal Pekanbaru, Khodijah, mengatakan, kunjungan wisata ke Padang sudah lama direncanakan oleh keluarganya, alasan memilih datang ke Pantai Padang, selain Pantai Padang memiliki pantai yang bersih, hal yang membuat datang ke Padang karena daerahnya berdekatan antara Pekanbaru dengan Padang.

“Kami datang satu keluarga dengan mobil pribadi, berangkat dari Pekanbaru malam tadi, dan baru siang ini tiba di Padang. Setiba di Padang langsung ke pantai, dan langsung mandi di pantai,” kata ibu dua anak ini, Selasa (24/12/2019).

Menurutnya, Pantai Padang adalah tempat yang cocok untuk menikmati liburan, karena selain dapat bermain air di kawasan tepi pantai, banyak permainan anak-anak yang tentunya dapat menghibur keluarganya yang datang jauh dari Provinsi Riau ke Sumatera Barat.

“Pantainya bersih dan cuaca hari ini cerah, habis dari sini mau ke tempat saudara, dan menikmati masakan Padang yang ada di kawasan pantai di Kota Padang,” ujarnya.

Pengunjung lainnya, yang datang dari Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Raihan, mengatakan, sudah hampir setiap tahunnya ia bersama sahabatnya menikmati libur akhir tahun di Kota Padang.

Pantai Padang merupakan tempat yang  pertama kali disinggahi, sebelum melanjutkan tempat wisata lainnya yakni ke Kota Tua Padang, mall, dan ke Kabupaten Pesisir Selatan yang memiliki alam mirip dengan Raja Ampat Papua.

“Saya sama teman satu sekolah naik bus, rencananya dua hari liburannya, hari ini di Padang, dan besok ke Pesisir Selatan. Kita tetap di momen pantai, karena di Pasaman itu tidak pantainya,” sebutnya.

Mengingat ramainya kunjungan wisatawan nusantara ke Pantai Padang, Pemerintah Kota Padang, berharap pengunjung tidak terlalu jauh berenang ke arah tengah laut, karena kondisi cuaca lagi tidak mendukung.

Petugas Satpol PP juga telah berpatroli melakukan pengawasan dan mengingatkan kepada pengunjung agar tidak terlalu jauh berenang di laut.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, mengatakan, telah mempersiapkan rencana pengamanan khusus untuk yang bermain di kawasan pantai. Tujuan Pemko Padang melakukan imbauan yang demikian, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sewaktu berenang di kawasan Pantai Padang.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, saat menghadiri kegiatan di Padang, Selasa (24/12/2019)/Foto: M. Noli Hendra

“Cuaca lagi tidak menentukan bahkan sering hujan. Memang pagi hingga siang ini kondisi ombak lagi bersahabat, tapi sore nanti belum tentu. Maka saya berharap Satpol PP benar-benar memantau situasi di kawasan pantai,” tegasnya.

Ia menyatakan Pemko Padang berkomitmen memberikan rasa aman kepada setiap pengunjung yang datang ke Padang terutama ke daerah wisata. Selain telah menugaskan Satpol PP, papan pengumuman untuk tidak berenang di titik tertentu juga telah dipasang di sejumlah tempat di kawasan Pantai Padang.

Mahyeldi juga mengimbau kepada pedagang agar tidak menjual segala bentuk barang, baik yang makanan maupun berupa oleh-oleh, tidak menetapkan tarif seenak saja alias main pakuak.

Baginya, untuk menciptakan rasa aman bagi pengunjung saat berada di kawasan pantai, tidak hanya soal pengamanan, tapi juga rasa senang pengunjung saat berbelanja.

“Ya kita sudah ingatkan kepada pedagang jauh-jauh hari. Karena melihat momen liburan lainnya, ada laporan yang masuk ke Pemko Padang, ada pihak rumah makan yang menetapkan tarif yang tidak biasa. Akibatnya pengunjung malah takut datang ke Padang, karena merasa dipalak. Nah hal semacam ini harus diubah,” ucapnya.

Lihat juga...