Lomba Dalang Cilik Meriahkan Pesta Kesenian Rakyat Banyumas

PURWOKERTO – Pesta kesenian rakyat Banyumas dimeriahkan lomba dalang cilik. Pada, Kamis (26/12/2019), lomba menampilkan pertunjukan dari tujuh dalang cilik dari Banyumas dan Cilacap.

Aksi para dalang cilik yang tampil menggemaskan, mampu mengundang kekaguman penonton yang datang menyaksikan lomba. Para dalang cilik terlihat lihai memainkan tokoh-tokoh pewayangan, dengan sesekali diselingi menembang Jawa. Kedua tangan sibuk memainkan wayang kulit, sementara dialog dalam bahasa Jawa terus mengalir, seirama dengan penampilan tokoh wayang yang dimainkan.

Ketua Panitia Pesta Kesenian Rakyat, Astri Yana Elsera, saat ditemui di lokasi lomba dalang cilik, Kamis (26/12/2019) – (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Ketua Panitia Pesta Kesenian Rakyat, Astri Yana Elsera mengatakan, gelaran pesta kesenian rakyat dilandasi rasa keprihatinan atas minimnya kesempatan untuk menampilkan kesenian-kesenian tradisional. Padahal, banyak kesenian tradisional yang menarik dan bisa mengalihkan perhatian anak-anak dari kesibukan bermain gadget. “Awalnya saya ingin mengenalkan Banyumas secara lebih luas lagi, dengan mendatangkan lebih banyak orang ke sini. Sehingga harus ada event, dimana orang akan berdatangan dan akhirnya dipilih pesta kesenian rakyat ini,” kata Astri, Kamis (26/12/2019).

Beberapa kegiatan yang digelar dalam acara tersebut antara lain, lomba dalang cilik yang berlangsung hingga sore hari. Kemudian pada hari berikutnya dilanjutkan dengan lomba dalang remaja, pertunjukan lengger serta kenthongan. Untuk lomba dalang cilik, diikuti oleh anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) hingga kelas 1 SMP. Dan untuk lomba dalang remaja, diikuti siswa kelas 2 SMP hingga SMA.

“Untuk lomba dalang cilik ini diikuti 7 peserta, kita menyampaikan undangan kepada peserta melalui Persatuan Perdalangan Indonesia (Pepadi) Banyumas dan Cilacap, sebab mereka yang paham potensi-potensi dalang cilik di sini,” tuturnya.

Salah satu peserta dalang cilik, Faiq Maulana (8) mengatakan, sangat senang berkesempatan ikut lomba dalang cilik. Menurut siswa kelas 3 SD Negeri Sampang 2, Cilacap tersebut, meskipun sudah kerap tampil dalam berbagai pertunjukan, namun untuk perlombaan ia baru mengikuti kali ini.

Dalam lomba tersebut, Faiq membawakan lakon, Begawan Bima Suci. Ia mengaku berlatih cukup lama, untuk membawakan lakon tersebut. “Saya berlatih dengan melihat pentas wayang kulit di youtube, setelah itu dipraktekan sendiri di rumah,” tutur dalang cilik yang mengaku mengidolakan dalang dari Kebumen, Eko Suharyo.

Lihat juga...