Longsor di Kapuas Hulu, Akses Jalan Lumpuh

KAPUAS HULU – Hujan deras mengakibatkan tanah longsor di ruas jalan Nanga Lidi – Kerangan Panjang Desa Permata, Kecamatan Pengkadan, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat sehingga ruas jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan.

“Kejadian hari ini tim kami langsung turun ke lokasi tanah longsor tersebut, untuk saat ini jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan,” kata Pelaksanaan tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Rupinus, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Kamis.

Rupinus menjelaskan, tidak ada korban jiwa saat tanah longsor yang disertai sejumlah pohon tumbang itu.

Menurut dia, pihaknya (BPBD) Kapuas Hulu sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk membersihkan tanah longsor agar kondisi jalan tersebut normal kembali.

Dituturkan Rupinus, ruas jalan yang tertimbun tanah longsor sekitar 50 meter, dan akan segera ditangani oleh Unit Pemeliharaan jalan dan jembatan (UPJJ).

“Kami minta masyarakat tetap waspada bencana alam, karena saat ini musim penghujan,” kata Rupinus.

Selain tanah longsor di Kapuas Hulu saat ini telah terjadi banjir di sejumlah dataran rendah di wilayah Kapuas Hulu.

Dikatakan Rupinus, sejumlah kecamatan di beberapa titik dataran rendah sudah tergenang air.

“Mudah-mudah air segera surut dan tidak terjadi banjir besar, masyarakat mesti waspada bencana alam lainnya longsor dan angin puting beliung,” katanya. (Ant)

Lihat juga...