Masyarakat Tabanan Panen Raya Padi Denfram

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

TABANAN – Masyarakat di desa Wanasari Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, nampak senang pascapanen raya padi denfarm dari dua hektare sawah pada Senin (9/12/2019).

Panen raya ini merupakan program sinergitas antara pemerintah kabupaten Tabanan dengan Polda Bali  melibatkan masyarakat petani setempat.

Direskrimsus Polda Bali, Kombes Yuliar Kus Nugroho, mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada pemerintah kabupaten Tabanan yang sudah bersedia membantu program ini dan para petani yang bersedia menyiapkan lahan serta mau bekerja sama.

Direskrimsus Polda Bali, Kombes Yuliar Kus Nugroho, saat menghadiri kegiatan panen raya padi denfram di Subak Gungungan, Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan pada Senin (9/12/2019). – Foto: Sultan Anshori.

Dikatakan, dalam pelaksanaan proses pola tanam padi ini agar terus dikembangkan dan sungguh-sungguh sehingga hasil yang dicapai lebih maksimal. Karena kegiatan ini upaya dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani mendukung kedaulatan pangan Menuju Tabanan Serasi.

Menurutnya, kegiatan panen raya ini merupakan hasil dari program kemitraan Polda Bali dan LSM Kartal Bali bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan diwujudkan dengan program “Petani Dipaksa Kaya” menggunakan produk pupuk nasional yang alami.

Diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian sehingga ke depan dapat disosialisasikan ke petani di subak-subak lain.

“Kepedulian Polda Bali kepada petani ini seiring dengan program pemerintah daerah dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani mendukung kedaulatan pangan menuju Tabanan serasi, program over produksi hasil pertanian Bali Swasembada Pangan dan Program Indonesia Maju. Di mana dengan kesejahteraan dapat mendukung SDM yang unggul,” ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatan panen raya padi di Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Senin (9/12/2019).

Ditambahkan, selain kegiatan panen raya juga dilakukan penyerahan polis atau klaim asuransi Usaha Tani Padi (UPTP) dan kartu tani serta alat mesin pertanian dan penyerahan bantuan Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) di Subak Gungungan, Desa Wanesari, Tabanan.

Sementara itu, Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, menyambut baik program tani ini. Disampaikan, pemerintah Kabupaten Tabanan mengucapkan terima kasih atas keberhasilan Subak Gungungan, Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, yang sudah berhasil panen dengan baik sehingga hasilnya bisa dinikmati oleh petani.

“Pada kesempatan ini pemerintah kabupaten Tabanan akan terus memberikan bantuan kepada para petani dalam hal peningkatan produksi padi mendukung kedaulatan pangan menuju Tabanan Serasi,” jelas Bupati Eka.

Anggota DPR RI Komisi IV DPR RI, I Made Urip, menegaskan, harus selalu memberikan semangat kepada anak-anak muda untuk memajukan pertanian dengan cara memberikan pendidikan atau ilmu pengetahuan yang mulai dari hulu sampai hilir. Agar anak-anak muda mempunyai semangat untuk memajukan pertanian tentunya didukung kemajuan teknologi yang ada saat ini.

Selain itu, pemerintah harus selalu memberikan dorongan kepada para petani agar para petani mempunyai semangat untuk memajukan pertanian.

Bulog harus memberikan bantuan kepada para petani dengan cara menampung hasil pertanian dari para petani dan selalu memberikan bantuan seperti pupuk dan keperluan lainnya agar para petani mempunyai semangat untuk meningkatkan hasil.

“Kita sukseskan program perlindungan terhadap petani dari risiko gagal panen akibat banjir, kekeringan dan serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT),” tandasnya.

Lihat juga...