Menang 2-0, Man City Hentikan Rekor Tandang Sheffield United

Pelatih Manchester City Pep Guardiola, dan pemainnya Sergio Aguero – Foto Ant

JAKARTA – Manchester City memenangi laga pekan ke-20 Liga Inggris , dengan skor 2-0. Hasil tersebut menghentikan rekor tandang tak terkalahkan tamunya Sheffield United, di Stadion Etihad, Minggu (29/12/2019) setempat atau Senin (30/12/2019) WIB.

Hasil itu membuat Man City kini mengoleksi 41 poin, dan bertengger di posisi ketiga klasemen Liga Inggris. City kembali mendekati Leicester City (42), sedangkan Sheffield (29) tertahan di urutan kedelapan. Tim tamu memulai laga dengan baik, dalam upaya menjaga catatan tak terkalahkan di pertandingan tandang sejak promosi dari Divisi Championship. Bahkan pada menit ke-29 mereka berhasil menjebol gawang melalui Lys Mousset, tetapi gol itu dianulir VAR karena ia terlanjur berada di posisi offside.

Man City tergolong cukup beruntung, bisa menjaga skor nirgol hingga turun minum, hingga akhirnya tujuh menit selepas sepak lanjut, Sergio Aguero membawa tim besutan Pep Guardiola itu unggul lewat gol, yang memanfaatkan umpan kiriman Kevin de Bruyne. Tim tamu melancarkan protes, karena gol itu berawal dari gangguan wasit Chris Kavanagh, yang membuat bola umpan John Fleck memantul dan bergulir ke kaki De Bruyne. Tetapi insiden itu tak cukup untuk menjadi alasan untuk menganulir selebrasi yang dilakukan Man City.

Sheffield berusaha keras untuk bisa menyamakan kedudukan dan memperoleh peluang pada menit ke-78. Tetapi, tandukan Mousset menyambut umpan silang Oliver Norwood, masih bisa dihalau oleh Eric Garcia sebelum membahayakan gawang tuan rumah. Empat menit kemudian, harapan tim besutan Chris Wilder runtuh, lantaran De Bruyne mengakhiri umpan kiriman Riyad Mahrez dalam serangan balik menjadi gol. Tembakannya,  membenamkan bola ke pojok kiri bawah gawang demi menggandakan keunggulan Man City.

Tim tamu hampir memperoleh gol hiburan pada menit pertama injury time, ketika Billy Sharp menyambut umpan silang Enda Stevens. Namun, bola tandukannya hanya membentur tiang gawang. Praktis Sheffield harus pulang dengan tangan hampa, dan rekor tandang yang terhenti saat peluit tanda laga usai berbunyi. Sheffield bahkan terancam menelan dua kekalahan tandang beruntun, sebab di pertandingan berikutnya mereka harus menyambangi markas Liverpool pada Kamis (2/1/2019) waktu setempat atau Jumat (3/1/2020) dini hari WIB. (Ant)

Lihat juga...