MPOK, Inovasi Pelayanan Terbaru Polres Pelabuhan Tanjung Priok

Peluncuran Aplikasi Metro Pelabuhan Online Kepolisian (MPOK) di Mapolres Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin, (16/12/2019) – Foto Ant

JAKARTA – Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, memiliki program inovasi baru bernama Aplikasi Metro Pelabuhan Online Kepolisian (MPOK).

Peluncuran MPOK dilakukan Kapolda Metro Jaya, Irjen Polisi Gatot Eddy Pramono, bersama Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Reynold Hutagalung, Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko di Mapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (16/12/2019). “Teknologi bisa mengurangi pelanggaran dan penyimpangan,” kata Gatot, usai peluncuran.

Dia menjelaskan, masyarakat tinggal menelpon kontak pusat di 110 atau 112 apabila ada keperluan dari pihak kepolisian setempat. Hadirnya teknologi itu, dapat memberikan kemudahan, rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, baik yang beraktivitas maupun tinggal di wilayah Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Reynold Hutagalung mengatakan, aplikasi itu untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan. Seperti dalam pembuatan surat kehilangan, sehingga tidak perlu repot mendatangi kantor polisi. “Selain pelayanan laporan polisi, laporan kehilangan barang menjadi pelayanan utama kami kepada seluruh masyarakat yang berada di lingkungan Polres Pelabuhan Tanjung Priok,” jelas Reynold.

Pelayan itu diberikan khususnya untuk masyarakat yang sehari-hari beraktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok, serta masyarakat yang bermukim di Muara Angke dengan jumlah penduduk 16.411 jiwa. “Ini menjadi tantangan bagi kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik yang ada di pemukiman, maupun beraktivitas di pelabuhan dengan aplikasi MPOK,” kata Reynold.

Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko sangat mengapresiasi kerja keras Polisi khususnya Polres Pelabuhan. “Berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat Jakarta Utara,” kata Sigit.

Dengan aplikasi baru tersebut, Sigit menilai, akan sangat membantu dan mendekatkan masyarakat dengan jajaran kepolisian. “Selain membantu, juga menjadi cara mendekatkan polisi dengan masyarakat,” ujar Sigit. (Ant)

Lihat juga...