Natal, Peziarah di TPU Pondok Kelapa Meningkat 80 Persen

Peziarah di Blok AA1 Kristen TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur berdatangan saat perayaan Natal 2019, Rabu (25/12/2019) – Foto Ant

JAKARTA – Pada perayaan Natal 2019, peziarah di Tempat Pemakaman Umum Pondok (TPU) Kelapa, Jakarta Timur, meningkat 80 persen dari situasi normal.

“Biasanya berkisar rata-rata 100-an peziarah pada akhir pekan bisa di atas itu,” kata Kepala Satuan Pelaksana TPU Pondok Kelapa, Effedi Sianturi, di Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Pantauan di lokasi, peziarah dari kaum Nasrani tampak berdatangan menuju makam keluarga yang berada di blok AA1 unit Kristen. Peziarah mulai berdatangan sejak pukul 13.00 hingga 16.00 WIB. “Saya dan keluarga memang terbiasa mendatangi makam Opa di TPU Pondok Kelapa sejak beliau meninggalkan kami pada 2016 lalu,” kata salah satu peziarah, Tony (49).

Warga Rawamangun, Jakarta Timur itu datang bersama istri dan empat anaknya. Berziarah ke makam keluarga menjadi salah satu kebiasaan keluarga untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. “Kami juga biasanya datang lagi saat tahun baru mendoakan Opa,” ujar Tony.

TPU Pondok Kelapa saat ini didominasi kuburan umat Nasrani. Tercatat ada sekira 20.000 liang lahat, sedangkan umat Muslim sebanyak 10.000 liang lahat. Tingginya jumlah peziarah di TPU Pondok Kelapa membuat area di pintu gerbang masuk padat oleh mobil milik peziarah. Mereka berdatangan menggunakan pakaian perayaan Natal dan membeli kembang serta air mineral untuk dituang ke makam. “Lumayan banyak juga yang beli kembang dan air. Tapi kalau dibandingkan Idul Fitri masih lebih banyak saat Lebaran,” tutur Mega (33) pedagang kembang. (Ant)

Lihat juga...