Otak otak Khas Purwakarta dari Ikan Golok

Editor: Koko Triarko

BEKASI- Jajanan tradisional otak otak banyak ditemui di banyak daerah di Indonesia. Namun otak otak khas Purwakarta memiliki kekenyalan dan perbedaan bahan yang digunakan. Otak otak khas Purwakarta ini menggunakan ikan golok-golok dan ikan kakap.

“Mungkin yang membedakan dengan otak otak daerah lain pada ikannya, otak-otak khas Purwakarta yang saya jual menggunakan ikan golok-golok yang ukurannya panjang dan padat atau ikan kakap,” ujar Eno (28), penjual otak-otak khas Purwarta di Kota Bekasi, yang ditemui di kawasan jalan Kemakmuran, Sabtu (14/12/2019).

Dikatakan, ikan golok atau kakap dipisahkan tulangnya, lalu digiling layaknya membuat bakso. Kemudian dicampur sagu dan bumbu rempah lainnya untuk menghasilkan rasa khas tersendiri.

Eno (28), penjual jajanan otak-otak khas Purwakarta saat ditemui di kawasan jalan Kemakmuran, Bekasi Selatan, Sabtu (14/12/2019)

Otak-otak yang sudah diadon tersebut dibungkus menggunakan daun pisang. Ketika dibakar akan menghasilkan aroma khas, dan membuat yang melintas, melirik.

Dalam penyajiannya, Eno mengaku menambahkan sambal kacang hingga menjadikan otak-otak khas Purwakarta lebih istimewa.

“Saya jual murah, satu otak otak Rp1.000, setiap hari membawa sekitar 400 bungkus dan semua ludes. Keluar biasanya sore di hari biasa. Akhir pekan mangkal dari pagi dan membawa stok lebih banyak,” tutur Eno.

Eno mengaku sudah tujuh tahun menjual otak-otak khas Purwakarta, sejak dia lulus sekolah SMA. Sebelum di Bekasi, ia berjualan mangka di wilayah Jakarta Utara. Sejak tiga tahun terakhir, mulai mangkal di jalan Kemakmuran, Margajaya Bekasi Selatan di depan rumah sakit.

Selain menjual otak-otak, dia juga menjual pempek yang menggunakan bahan dasar ikan. Pempek sebagai pendamping otak otak dan semua bahan baku dibuat sendiri.

Untuk modal, dia mengaku tidak menentu, tergantung harga ikan. Menurutnya, ikan setiap hari harganya di pasaran tidak tetap. Terkadang untuk ikan golok-golok lebih dari Rp30 ribu per kilogram.

“Harga ikan tidak tentu. Kadang mahal, makanya modal otak-otak susah diperhitungkan. Tergantung harga ikan juga, apalagi ikan kakap lebih tinggi dibanding ikan golok-golok,” tukasnya.

Lihat juga...