Pakansari Sudah Penuhi Standar Stadion Piala Dunia

Sekjen PSSI Ratu Tisha, Bupati Bogor Ade Yasin, Menpora Zainuddin Amali saat meninjau kesiapan Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat sebagai salah satu calon venue Piala Dunia U-20 tahun 2021, Minggu (29/12/2019) – Foto Ant

CIBINONG – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menganggap, Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sudah memenuhi standar venue Piala Dunia. Sehingga keberadaanya, sudah siap menjadi salah satu tempat menggelar pertandingan Pilada Dunia U-20 di 2021 mendatang.

“Pada dasarnya, secara keseluruhan, karena ini salah satu venue Asian Game 2018, AFC 2019 pun memakai di sini. Ini juga stadion finalnya Asian Game 2018. Jadi secara keseluruhan ini sudah memenuhi standar,” ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha, saat meninjau Stadion Pakansari Cibinong, Minggu (29/12/2019) petang.

Menurutnya, ada beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki, tapi tidak tergolong besar. Seperti fasilitas disabilitas, ruang press conference, dan penataan ruang di areal Stadion Pakansari. “Jadi tidak ada major renovation yang harus dilakukan. Hanya perawatan dan penambahan-penambahan beberapa fasilitas saja,” jelasnya.

Bupati Bogor, Ade Yasin, di tempat yang sama, mengaku siap menata kembali Stadion Pakansari. Diharapkannya, stadion tersebut benar-benar layak dijadikan venue Piala Dunia U-20 di 2021. “Nanti kita tata, karena orang datang ke stadion tidak hanya menikmati pertandingan sepak bola, tetapi juga menikmati lingkungan sekitar,” ujarnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali menyebut, belum lama ini Bupati Bogor, Ade Yasin sempat mendatangi kantornya untuk menginformasikan mengenai kesiapan Stadion Pakansari untuk dijadikan venue Piala Dunia 2021. Tapi, kini ia memeriksanya langsung dengan meninjau dari segala aspek, termasuk akses jalan menuju stadion tersebut. “Ibu Bupati pernah ke kantor bahwa menyatakan siap. Untuk lebih meyakinkan, saya datang langsung dan ternyata Pakansari dari akses dan fasilitas yang ada di dalam, secara standar si oke. Kita tambah lagi, kita penuhi lagi sesuai standar,” tuturnya. (Ant)

Lihat juga...