Pariaman Dapat Hibah Kapal Perang untuk Dijadikan Museum

Kapal perang milik TNI AL, ilustrasi -Dok: CDN

PARIAMAN – Kota Pariaman, Sumatera Barat mendapatkan hibah satu unit kapal perang jenis mini korvet dari Angkatan Laut RI. Sarana tersebut akan dijadikan museum di daerah itu.

“Informasi ini saya dapatkan dari Asisten Operasi Kasal, bahwa Pariaman mendapatkan hibah kapal untuk dijadikan museum,” kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar, di Pariaman, Sabtu (14/12/2019).

Ia mengatakan, kapal perang tersebut sudah tua dan nantinya akan ditempatkan di lokasi rencana pembangunan Pos Angkatan Laut yang terletak di Desa Pauh, Kecamatan Pariaman Tengah. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, diharapkan membantu Pemerintah Kota Pariaman dalam hal rancangan dan hal lainnya, yang berhubungan dengan museum tersebut. Hal itu mempertimbangkan, Pemkot Pariaman tidak memiliki anggaran yang banyak.

Hibah kapal tersebut merupakan berkah untuk Kota Pariaman, apalagi daerah itu di 2017 mendapatkan pembangunan monumen Angkatan Laut lengkap dengan tank dan meriam yang dapat menambah daya tarik wisata. “Ada banyak yang ditinggalkan untuk Kota Pariaman sebagai tuan rumah peringatan Hari Nusantara 2019,” katanya.

Beberapa hal yang dimaksud tersebut di antaranya, pembangunan jalan nusantara di lokasi wisata Pariaman, program dan pembinaan pengelolaan sampah, serta kapal perang untuk wisata.

Asisten Operasi Kasal, Laksamana Muda Didik Setiyono mengatakan, kapal mini korvet tersebut dibeli dari Jerman. Bentuknya sekarang sudah tua, dan pihaknya telah memiliki kapal pengganti untuk patroli di lautan. “Tapi jika dijadikan museum bisa menjadi ikon baru Kota Pariaman,” ujarnya.

Kapal yang akan dihibahkan tersebut, sebelumnya telah sering diikutkan dalam operasi di sepanjang tahun. Bahkan hingga perbatasan Indonesia. (Ant)

Lihat juga...