Pasarkan Benih Padi, TCD Trirenggo Raup Keuntungan Rp4 Juta Sebulan

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Hanya dalam kurun waktu sekitar satu bulan terakhir, Toko Cerdas Damandiri (TCD) yang merupakan unit usaha Koperasi Unit Desa (KUD) Gemah Ripah Trirenggo Bantul tercatat mampu memasarkan benih padi hingga mencapai 3 ton lebih. 

Dari hasil penjualan benih padi itu, KUD Gemah Ripah Trirenggo Bantul pun mampu mendapatkan pemasukan atau keuntungan bersih hingga mencapai Rp4 juta lebih.

Manager Umum KUD Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah, saat ditemui di KUD Gemah Ripah Trirenggo Bantul Selasa (17/12/2019). -Foto: Jatmika H Kusmargana

Manager Umum KUD Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah, mengatakan pihaknya sengaja menjual berbagai macam benih padi untuk membantu para petani di desanya. Pasalnya tak sedikit warga di Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo merupakan warga yang sehari-hari berprofesi sebagai petani.

“Di awal musim penghujan seperti sekarang ini banyak petani membutuhkan bebih padi. Kadang sampai berebut. Karena itu kita, Koperasi membantu mereka dengan menyediakan benih padi berkualitas. Selain untuk mencukupi kebutuhan benih petani di Desa Trirenggo, Koperasi juga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan ini,” kata Ambyah  S, saat ditemui di KUD Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Selasa (17/12/2019).

Menurut Ambyah, dari sekian jenis benih padi yang dijual, padi jenis Mekongga menjadi benih paling banyak dicari petani. Hal itu karena benih padi jenis ini memiliki banyak keunggulan mulai dari rasa berasnya yang cukup enak, helai padi yang lebih panjang, isian biji padi yang bagus serta tahan terhadap sejumlah penyakit.

“Kita menjual berbagai macam jenis benih padi mulai dari Inpari 19, inpari 23, pepe, situbagendit, mekongga, ciherang.  dan sebagainya. Namun memamg jenis mekongga yang paling laris dan disukai petani. Karena itu kita menyiapkan stok benih padi jenis ini dalam jumlah lebih banyak,” ungkapnya.

Bekerja sama dengan salah satu produsen benih lokal asal Bantul, Koperasi Gemah Ripah Trirenggo melalui unit usaha Toko Cerdas Damandiri, menjual benih padi dalam bentuk pak berisi 5 kilo benih. Satu pak benih itu sendiri dijual dengan harga sekitar Rp54 ribu.

“Memang kita baru pertama kali ini menjual benih padi di Toko Cerdas Damandiri. Awalnya hanya memanfaatkan peluang yang ada saja. Namun rencananya kita akan terus menjual benih padi semacam ini di waktu-waktu yang akan datang. Paling tidak saat masa tanam tiba,” katanya.

Lihat juga...