Pelayaran Selat Sunda Jadi Perhatian Basarnas Saat Nataru

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

LAMPUNG — Jalur penyeberangan lintas pelabuhan Bakauheni-Merak di Selat Sunda jadi perhatian utama Basarnas Lampung saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020. Jumaril, kepala Basarnas Lampung menyebutkan, alat utama (alut) yang disiagakan meliputi KN Basudewa, kapal rigit inflatable boat (RIB) 02 dan Helikopter HR-3605.

Jumaril, Kepala Basarnas Lampung saat meninjau kesiapan peralatan dan posko Basarnas di pelabuhan Bakauheni Lampung hadapi angkutan Nataru 2019-2020, Jumat (20/12/2019). Foto: Henk Widi

“Koordinasi penyiapan alut juga dilakukan bersama pos Basarnas Merak dengan penyiagaan KN Drupada Banten dan akan dibantu KN Karna milik SAR Jakarta,” ungkap Jumaril saat dikonfirmasi di pelabuhan Bakauheni, Jumat (20/12/2019).

Perahu RIB dan peralatan keselamatan yang disiagakan di pelabuhan Bakauheni disiagakan selama 24 jam.

“Setiap kapal yang keluar dari pelabuhan Bakauheni dan datang dari Merak selalu dipantau agar penanganan insiden bisa segera dilakukan oleh alat utama yang disiagakan Basarnas,”

Pihaknya juga mengerahkan helikopter saat libur Nataru tahun untuk melakukan pantauan udara di lintas Selat Sunda dan jalan tol. Titik kepadatan arus penumpang libur Nataru juga diantisipasi dengan penyiapan posko lengkap dengan personel.

Lihat juga...