Pembangunan Rumah DP 0 Rupiah di DKI Dimulai

JAKARTA — Pembangunan rumah down payment  (DP) 0 rupiah Menara Solusi Rumah Warga (Samawa) Cilangkap dimulai, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Kamis (12/12).

Anies menyampaikan pembangunan Samawa DP 0 rupiah ini mempunyai fasilitas yang lengkap dan sangat layak huni.

“Kami ingin garis bawahi tempat yang dibangun di sini, biasanya ketika kita berbicara program untuk masyarakat umum, diselenggarakan pemerintah, seringkali asosiasinya dengan serba minimalis. Kali ini kita ingin kirimkan pesan bahwa program DP 0 rupiah yang dibangun merupakan fasilitas perumahan yang sehat, lingkungannya mutlak bisa menumbuhkan generasi yang sehat, yang kemudian juga mencerdaskan,” ucap Anies di Jalan Raya Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (12/12/2019).

Dia berpesan, kepada BUMD yang mengerjakan proyek ini agar mengutamakan jangka waktu pembangunan agar sesuai jadwal yakni 18 bulan, on budget, dan mengutamakan kualitas.

Sementara Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoori C. Pinontoan menjelaskan luas lahan keseluruhan Nuansa Cilangkap mencapai kurang lebih 2,9 hektare dengan lahan bangunan satu tower menara seluas kurang lebih 0,65 hektare.

“Nuansa Cilangkap Hunian DP 0 rupiah direncanakan akan dibangun dalam 4 tower (menara), di mana saat ini 1 (satu) tower sebanyak 850 unit dengan ketinggian 24 lantai dan dan dua tipe hunian, yaitu tipe studio dan 2 kamar, diperuntukkan bagi program DP nol rupiah dengan nama Menara Samawa Cilangkap,” jelasnya.

Pembangunan hunian Nuansa Cilangkap ini tidak hanya memberikan pengaruh dari segi visualisasi pembangunan, namun juga dapat berpengaruh positif terhadap kawasan dari berbagai aspek, seperti perekonomian, pendidikan, kesehatan, sosial, lingkungan, dan keselamatan hunian.

Menurut Yori, pembangunan Nuansa Cilangkap ini menggunakan sumur resapan dan biopori sebagai metode resapan air, bertujuan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Selain lubang resapan biopori, juga disediakan lahan sebagai taman apotik hidup yang mengedepankan aspek keberlanjutan bagi penghuninya.

Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah merupakan program strategis Pemprov DKI Jakarta sesuai Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Sebuah program yang berusaha mewujudkan keadilan sosial, sehingga tak hanya kaum berpunya yang memiliki rumah. Masyarakat berpenghasilan rendah pun bisa mendapatkan tempat tinggal layak huni, nyaman dan terjangkau.

“Melalui fasilitas pembiayaan uang muka dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, masyarakat yang berhak bisa mendapatkan hunian langsung mencicil biaya bulanan. Sebelumnya pada tahap pertama, Samawa Rumah DP 0 Rupiah telah dibangun di Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang di dibangun di atas lahan 5.686 m2,” tutupnya.

Lihat juga...