hut

Pemdes Tamanmartani Apresiasi Damandiri Seriusi Peningkatan Kualitas Guru

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Pemerintah Desa Tamanmartani secara khusus mengapresiasi upaya Yayasan Damandiri dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari. Tak terkecuali upaya peningkatan kualitas SDM bagi guru-guru PAUD di desa tersebut sejak beberapa tahun terakhir.

Kepala Desa Tamanmartani, Joko Susilo, ditemui seusai acara pembukaan pelatihan diklat lanjutan guru PAUD se-Desa Tamanmartani yang digelar Yayasan Damandiri di balai desa setempat, Senin (02/12/2019). -Foto: Jatmika H Kusmargana

Ditemui seusai acara pembukaan pelatihan diklat lanjutan bagi guru-guru PAUD se-Desa Tamanmartani yang digelar Yayasan Damandiri bertempat di balai desa setempat, Senin (02/12/2019),  Kepala Desa Tamanmartani, Joko Susilo, menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Damandiri yang telah secara serius meningkatkan kualitas SDM guru-guru PAUD di desa tersebut.

Ia menyebut pelatihan bagi guru-guru PAUD yang digelar Yayasan Damandiri bekerja sama dengan Universitas Trilogi Jakarta, secara berkelanjutan, sejak beberapa waktu terakhir, menjadi bukti konkrit keseriusan Yayasan Damandiri dalam mengangkat kualitas hidup masyarakat desa sejak usia dini.

Dikatakan, Pemerintah Desa Tamanmartani Kalasan Sleman sendiri selama ini selalu berupaya membangun desa melalui berbagai program yang ada. Selain memanfaatan dana ABPDes, berbagai program pemberdayaan juga dilakukan dengan bekerja sama atau bermitra dengan sejumlah pihak luar termasuk Yayasan Damandiri.

“Kita (Pemerintah Desa) membutuhkan bantuan dari pihak-pihak luar seperti Yayasan Damandiri untuk membangun Desa Tamanmartani secara bersama-sama. Diharapkan adanya pelatihan semacam ini dapat meningkatkan kualitas SDM khususnya guru-guru PAUD dalam mempersiapkan pendidikan anak usia dini,” ujarnya saat ditemui seusai acara pembukaan pelatihan diklat lanjutan guru PAUD di Balai Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Senin (02/12/2019).

Peningkatan kapasitas SDM guru-guru PAUD di Desa Tamanmartani dinilai sangat penting dalam proses pendidikan anak usia dini. Yakni dalam menghasilkan output siswa berkualitas, sebagai calon generasi penerus di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani. Terlebih dalam menghadapi berbagai tantangan zaman di era keterbukaan informasi dan teknologi seperti saat ini.

“Di era seperti sekarang ini, peningkatan kapasitas guru-guru PAUD sangat diperlukan. Agar mereka bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada. Guru harus memiliki skill atau kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan anak-anak masa kini. Jangan sampai ketinggalan,” katanya.

Sebagaimana diketahui, melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri tak henti melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Tamanmartani. Baik itu di bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan, maupun pendidikan.

Di bidang pendidikan Yayasan Damandiri fokus membenahi pendidikan di tingkat usia dini (PAUD). Selain meningkatkan kualitas SDM guru-guru PAUD, Yayasan Damandiri juga menjalankan sejumlah program mulai dari memberikan bantuan Alat Peraga Edukatif (APE) hingga bantuan beasiswa bagi siswa PAUD.

Lihat juga...