Pemkab Bogor Alokasikan Dana untuk Stadion Pakansari, Menpora Senang

CIBINONG, BOGOR — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali mengaku senang karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat mengalokasikan dana untuk perbaikan Stadion Pakansari Cibinong demi menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 pada tahun 2021.

“Ibu Bupati ini luar biasa, luar biasa perhatiannya terhadap olahraga di Kabupaten Bogor khususnya. Saya kaget, bagus keren, dari tadi saya puji terus Ibu Bupatinya,” ujarnya kepada awak media usai meninjau Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu petang (29/12/2019).

Menurutnya Pemkab Bogor bersama DPRD Kabupaten Bogor berinisiatif mengalokasikan dana APBD 2020 Kabupaten Bogor, untuk memperbaiki fasilitas di sekitaran Pakansari demi menunjang pelaksanaan Piala Dunia 2021, jika Stadion Pakansari ditetapkan menjadi venue.

“Ini pertama saya datang ke Pakansari, tanpa diminta pasti beliau akan mengalokasikan, dengan dukungan DPRD tentunya,” sebutnya.

Meski belum menetapkan stadion mana saja yang akan menjadi venue Piala Dunia tahun 2021, tapi menurutnya kini pemerintah tengah menyusun Keputusan Presiden (Kepres) guna melengkapi segala fasilitas dan pembiayaan yang dibutuhkan sesuai dengan standar FIFA.

“Tentang penyelenggaraan panitia dan sebagainya itu akan disiapkan Kepres, Kepres untuk infrastruktur, kelengkapan dan berbagai hal. Kita serius untuk jadi tuan rumah, FIFA sudah menunjuk, pasti kita sudah siap,” kata Zainuddin Amali.

Sementara itu, Bupati Bogor, Ade Yasin menyebutkan bahwa Pemkab Bogor menyiapkan anggaran daerah Rp100 miliar untuk mempersiapkan Stadion Pakansari dan aksesibilitasnya untuk pertandingan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

“Banyak yang harus diperbaiki. Untuk stadion sendiri dianggarkan Rp10 miliar. Sedangkan aksesibilitas dari mulai Tol Sentul hingga stadion Rp90 miliar dari APBD,” kata Ade Yasin.

Ia berharap, penataan stadion dan akses itu rampung pada tahun 2020, sebab pada tahun 2021 venue pertandingan yang ditunjuk jadi penyelenggaraan pertandingan sudah harus siap pakai.

“Jadi kita persiapan infrastruktur dan stadion, banyak yang harus dibenahi termasuk juga kita harus melengkapi fasilitas disabilitas. Pada intinya kita siap untuk menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20,” tuturnya. (Ant)

Lihat juga...