Pemkab Catat Peserta Aktif KB di Bangka Capai 83.976 KK

Ilustrasi -Dok CDN

SUNGAILIAT, BANGKA — Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat terdapat 83.978 kepala keluarga peserta program keluarga berencana di daerah setempat.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bangka, Nurita mengatakan sampai akhir Desember 2019 jumlah peserta aktif terdata 83.976 KK dari perkiraan 95 ribu total peserta.

Petugas pendataan mendapatkan kendala di lapangan dimana pada saat dilakukan pendataan terdapat sejumlah kepala keluarga tidak berada di rumah.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk berpartisipasi memberikan data kepada petugas pendataan sehingga mendapatkan data akurat,” ucapnya di Sungailiat, Selasa (10/12/2019).

Sementara untuk kegiatan pendataan keluarga tahun 2020 sebagaimana program BKKBN pusat yang akan dilaksanakan secara serentak pada Mei 2020 kata Nurita, pihaknya menunggu petunjuk teknisnya.

“Kami masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat untuk melaksanakan kegiatan pendataan keluarga tahun 2020,” katanya.

Salah satu tujuan pendataan penduduk tahun 2020, memanfaatkan modalitas data yang dimiliki atau melakukan data sharing agar manfaat kegiatan tepat sasaran serta berimplikasi pada upaya penurunan disparitas antar wilayah dan antar kelompok sosial ekonomi. [Ant]

Lihat juga...