Pemkab Gorontalo Utara Perlu Meningkatkan Bantuan Perahu Nelayan

GORONTALO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara meminta pemerintah kabupaten (pemkab) setempat meningkatkan bantuan perahu untuk nelayan berpenghasilan rendah.

“Saya mengunjungi desa nelayan di Dusun Kota Jin, Desa Tolinggula Pantai, Kecamatan Tolinggula, banyak nelayan berpenghasilan rendah bermukim di sana,” ujar Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Wisye Pangemanan, di Gorontalo, Jumat.

Aspirasi yang diterimanya dari mereka, katanya, meminta bantuan perahu fiber yang dinilai lebih aman dan nyaman serta cocok digunakan melaut di perairan bagian barat itu.

Politikus Partai Golkar itu berharap, pemkab lebih banyak mengintervensi nelayan tangkap berpenghasilan rendah, mengingat aktivitas mereka untuk menopang produksi perikanan di daerah itu.

“Nelayan Tolinggula perlu diintervensi lebih banyak dengan bantuan-bantuan yang tepat manfaat dan tepat sasaran, sebab rata-rata nelayan melaut di atas 30 mil dari Pantai Tolinggula, maka bantuan perahu berkekuatan besar sangat diperlukan,” ujar dia.

Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan produksi perikanan tangkap, adalah masih minimnya kapal ikan berkekuatan besar dioperasikan nelayan di wilayah pesisir itu.

Kalaupun ada, katanya, nelayan dengan penghasilan rendah sulit mengurus perizinan serta kesulitan modal operasional.

Ia menyatakan tidak heran, rata-rata nelayan di wilayah itu hanya mengandalkan perahu katinting terbuat dari kayu, dengan mesin tempel, ataupun masih dikayuh secara manual.

Ukuran perahu yang kecil, katanya, tentu sulit memuat hasil tangkapan yang besar, bahkan keinginan mencari ikan-ikan besar, seperti cakalang hingga tuna, sulit diperoleh karena hanya mengandalkan perahu tradisional.

Ia mengemukakan bahwa kondisi mereka perlu menjadi perhatian pemkab lebih terfokus lagi.

“Agar potensi perikanan yang dimiliki daerah itu benar-benar terkelola dengan maksimal,” katanya.

Ia mengaku akan lebih banyak turun di tengah-tengah masyarakat untuk menyerap aspirasi dalam rangka mendorong pembangunan dan kemajuan daerah, termasuk sektor perikanan yang diunggulkan.

Khusus di Desa Tolinggula, katanya, masyarakat juga berharap infrastruktur jalan di desa itu ditingkatkan, termasuk bantuan rumah layak huni bagi para nelayan. (Ant)

Lihat juga...