Pemprov DKI Jakarta Sepakati Kerja Sama dengan LLDIKTI

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah, mengaku menyambut baik maksud kesepakatan bersama  dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Saya menyambut baik maksud kesepakatan bersama ini, untuk mewujudkannya pada Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,” kata Sekda di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).

Selain itu, kata Sekda, kesepakatan bersama itu berlaku sampai 12 bulan terhitung dari penandatanganan kesepakatan dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kendati demikian tidak menutup kemungkinan adanya kerja sama turunan, melibatkan lebih banyak lagi perguruan tinggi dalam jangka waktu lebih panjang untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan di Jakarta.

Terdapat 100 perguruan tinggi terseleksi dan bergabung di kesepakatan bersama ini. Saefullah menuturkan, kesepakatan bersama ini dibuat juga untuk mewujudkan kolaborasi Jakarta.

“Kota Jakarta sedang berevolusi menuju Collaborative City, atau disebut dengan istilah City 4.0. Dengan pendekatan ini, Pemprov DKI Jakarta bertindak tidak hanya sebagai administrator, penyedia layanan ataupun fasilitator, tapi merupakan pihak yang terbuka untuk bekerja sama, berkolaborasi dengan semua elemen masyarakat dalam membangun dan menyelesaikan berbagai permasalahan di Jakarta,” ungkapnya.

Usai penandatanganan kesepakatan bersama diharapkan para pihak segera menindaklanjuti menjadi tindakan atau aksi konkret untuk Jakarta yang lebih baik.

“Melalui koordinasi LLDIKTI Wilayah III, tidak hanya di program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu, tetapi juga program-program lain di seluruh bidang urusan, baik pemerintahan, perekonomian dan keuangan, pembangunan dan lingkungan hidup, maupun kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dia mengharapkan dapat terjalin kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan perguruan-perguruan tinggi di Jakarta dalam pengembangan pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat di sejumlah lingkup.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama ini, yaitu pemerintahan, perekonomian dan keuangan, pembangunan dan lingkungan hidup, maupun kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap pascapenandatanganan kesepakatan bersama ini dapat memunculkan banyak solusi untuk masyarakat Jakarta,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemprov sudah melakukan pertemuan dengan 100 perguruan tinggi di Jakarta melalui fasilitasi LLDIKTI wilayah III Jakarta dan Biro Perekonomian Setda Provinsi DKI Jakarta.

Pertemuan tersebut memperkenalkan Program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu dari tujuh Perangkat Daerah Provinsi DKI Jakarta, yaitu Dinas Koperasi, UKM serta Perdagangan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perindustrian dan Energi, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Dinas Sosial.

Sebanyak lebih dari 100.000 UMKM sudah bergabung dalam Program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu sejak tahun 2018 memberikan peluang bagi berbagai pihak, tidak terkecuali perguruan tinggi untuk membantu kesuksesan UMKM tersebut.

Lihat juga...