Pemprov Kaltim Gencar Sosialisasikan Pojok Laktasi

Editor: Makmun Hidayat

BALIKPAPAN — Untuk mendukung program Air Susu Ibu (ASI) eksklusif untuk bayi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur gencar melakukan sosialisasi kepada ibu hamil dan melahirkan. Bahkan sejumlah perkantoran swasta maupun milik pemerintah menyediakan Pojok Laktasi bagi ibu menyusui.

Analis Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Uzah Maria Ulfah mengungkapkan dengan adanya fasilitas Pojok Laktasi maka ibu menyusui yang bekerja di perkantoran diharapkan dapat memompa ASI dengan nyaman.

“Ruangan Pojok Laktasi yang paling utama ialah nyaman, bersih dan tak ada yang menggangu. Sehingga ibu nyaman dan bisa menyusui secara langsung kepada bayinya,” ucapnya di sela sosialisasi di Pojok Laktasi, Ruang Rapat Biro Kesejahteraan Rakyat, Setdaprov Kalimatan Timur, Jumat siang (20/12/2019).

Terkait hal itu, Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim mengadakan sosialisasi pembentukan dan pemanfaatan Pojok Laktasi bagi ibu menyusui di perkantoran.

“Dalam ruangan laktasi itu juga tersedia pendingin atau kulkas. Sehingga, ASI perah (ASIP) dapat langsung disimpan dan tetap segar,” sebut Uzah Maria Ulfah.

Dia mengatakan botol atau wadah ASI juga perlu disediakan sebagai inventaris. Sehingga bagi ibu yang ketinggalan botolnya bisa meminjam botol yang disediakan. “Akan tetapi kami mengingatkan, ibu yang mau memompa ASI jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dulu,” tekannya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Kaltim Norbaiti Isran Noor menambahkan dalam mempercepat menyelesaikan stunting, pemberian ASI salah satu bentuk pencegahannya.

“Percepatan penurunan stunting melalui dukungan ayah dan ibu dalam keberhasilan menyusui,” imbuhnya.

Lihat juga...