Penanganan Pemulihan Sosek Pascabencana Perlu Pemetaan Ulang

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah mengatakan, pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam upaya pemulihan sosial ekonomi (sosek)masyarakat terdampak bencana. Salah satunya adalah reformasi kebijakan dan strategi pemulihan sosial ekonomi pascabencana pada era revolusi industri 4.0.

“Semenjak tahun 2012 BNPB memang telah melakukan pendampingan dalam melakukan pemulihan dan peningkatan sosial ekonomi terhadap 177 kelompok usaha yang terdampak bencana. Karena itu telah banyak menstimulus dan menghasilkan unit usaha baru dari berbagai daerah yang terdampak bencana,” kata Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah dalam seminar nasional “Reformasi Kebijakan dan Strategi Pemulihan Sosial Ekonomi Pasca Bencana pada Era Revolusi Industri 4.0 di sebuah hotel, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Harmensyah, menyebutkan perlunya pemetaan peluang dan tantangan terkait implementasi kebijakan dan strategi pemulihan sosial ekonomi pascabencana yang berbasis kemitraan dan pemberdayaan masyarakat pada era revolusi industri 4.0.

Selain itu lanjutnya, daerah yang terkena bencana juga perlu merencanakan pemulihan dan peningkatan dalam bidang sosial dan ekonomi.

“Karena selama ini pemulihan sosial ekonomi seperti kurang diperhatikan, ini terlihat dari minimya perencanaan rehabilitasi dan rekonstruksi dalam bidang sosial ekonomi dibandingkan dengan infrastruktur,” ungkapnya.

Padahal tambah Harmensyah, pemulihan bidang sosial ekonomi juga salah satu sisi yang bisa membuat masyarakat kembali berdaya dan berdikari dalam melanjutkan kehidupannya.

Harmensyah menyebutkan bahwa BNPB terus melakukan pemulihan daerah terdampak bencana dengan memberikan bantuan, baik berupaya materi maupun nonmateri, misalnya dengan memberdayakan masyarakat dengan usaha mandiri.

“Selama ini kita terus aktif memberikan pendampingan dan pemulihan daerah pascabencana dengan memberdayakan warga yang terkena bencana dengan memberikan bantuan. Dan selama ini apa yang kita lakukan bisa membuat warga bertahan hidup dan bahkan berhasil dengan usaha yang kita berikan,” sebutnya.

Sementara itu, Yolak Dalimunthe, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi, BNPB mengatakan pada seminar nasional ini juga menampilkan produk-produk hasil binaan BNPB dari wilayah pascabencana. Semua produk yang ada merupakan hasil binaan dan pendampingan BNPB bekerja sama dengan stakeholder terkait, termasuk perguruan tinggi di daerah yang terdampak bencana.

“Diharapkan dari seminar ini muncul terobosan-terobosan baru yang dapat meningkatkan efektifitas dalam upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pada masyarakat pascabencana dan hasil yang dicapai lebih optimal dan sesuai dengan dinamika sosial ekonomi masyarakat saat ini,” sebutnya.

Lihat juga...