Pengunjuk Rasa di Irak Bakar Pintu Masuk Tempat Suci

Demonstran membawa seorang pria yang terluka saat aksi unjuk rasa atas korupsi, kurangnya pekerjaan, dan layanan buruk, di Baghdad, Irak, Selasa (29/10/2019)- Foto Ant

BAGHDAD – Para pengunjuk rasa di Irak, membakar pintu masuk sebuah tempat suci di Kota Najaf. Kota di bagian selatan negara itu pada Sabtu (30/11/2019). Dilaporkan, pasukan keamanan harus menembakkan gas air mata, untuk membubarkan massa.

Peristiwa itu berisiko memicu tumpah darah lagi setelah sehari suasana di Irak sempat menjadi tenang. Pengunjuk rasa mengirim video ke media, mengenai kondisi pintu masuk tempat suci Hakim yang dilalap api. Sementara pemerotes bersorak dan membuat film di telepon seluler mereka.  Insiden tersebut terjadi, dalam salah satu dari minggu-minggu paling berdarah di kerusuhan anti-pemerintah Irak.

Rusuh mulai pecah bulan lalu. Pada Jumat (29/11/2019) Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi berjanji, akan mengundurkan diri untuk berupaya membendung kekerasan dan kemarahan masyarakat. Aksi-aksi protes terus berlanjut di mana-mana, termasuk Kota Nassiriya di Irak Selatan, dimana menjadi tempat demonstran melakukan aksi mengepung sebuah kantor polisi dan di Baghdad.

Tetapi korban-korban tewas yang dilaporkan dibandingkan dua hari sebelumnya jauh lebih sedikit, ketika sejumlah orang tewas di ibu kota negara itu dan di bagian selatan dalam bentrok-bentrok dengan pasukan keamanan. (Ant)

Lihat juga...