Perayaan Natal, TransJakarta Siap Antar-Jemput Umat Kristiani

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Saat perayaan Natal tiba, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui TransJakarta siapkan armada antar-jemput gratis bagi warga DKI yang akan merayakan misa natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat pada tanggal 24-25 Desember 2019.

Sebanyak enam unit bus Metrotrans pijakan rendah dengan kapasitas penumpang hingga 60 orang ini akan lalu lalang menjemput dan mengantar warga ke Gereja Katedral dari lapangan parkir IRTI Monas.

Menurut Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo, warga yang ingin ke Gereja Katedral dapat meninggalkan kendaraannya di rumah dengan menggunakan Transjakarta Koridor 2 Pulogadung-Harmoni, 2A Kalideres-Pulogadung, 2D Rawabuaya-ASMI, 3 Kalideres-Pasar Baru, 5C PGC-Harmoni, 5H Harmoni-Ancol, 7F Kampung Rambutan-Harmoni via Cempaka Putih, 8A Grogol-Juanda dan 12M Sunter Boulevard Barat-Harmoni.

Sedangkan warga yang membawa keluarga dengan kendaraan, kata Nadia, dapat memarkirkan kendaraannya di lapangan IRTI Monas yang berada di seberang Gedung Perpustakaan Nasional dan naik armada TransJakarta gratis dari depan IRTI ke Gereja Katedral dengan interval waktu keberangkatan setiap 5 menit.

“Kami sediakan armada pijakan rendah (low entry) agar dapat mengangkut penumpang yang memiliki kebutuhan khusus (disable friendly), sehingga memudahkan bagi keluarga pendamping untuk dapat tetap bersama dalam satu kendaraan menuju Gereja dan kembali ke lokasi parkir mobil,” kata Nadia di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (24/12/2019).

Selain tidak berbayar, rute khusus ini akan beroperasi pada hari ini dimulai pukul 15.00-24.00 WIB dan Rabu 25 Desember pukul 05.00-12.00 WIB.

Dia bersyukur, TransJakarta dapat dipercaya oleh Pemprov DKI untuk melayani umat Kristiani melalui layanan gratis. Dia berharap, layanan TransJakarta ini dapat mempermudah warga DKI untuk beribadah merayakan hari raya Natal. Dia menuturkan tak usah khawatir dengan memarkirkan kendaraannya.

“Tentunya ini adalah momentum bagi TransJakarta untuk ikut serta memberikan nilai tambah sekaligus menyemarakkan hari besar di penghujung tahun 2019,” ujarnya.

Sementara, Humas Keuskupan Agung Jakarta Gereja Katerdal, Susyana Suwedie, mengatakan, dia mendapatkan kabar bahwa Pemerintah Daerah DKI sudah menyediakan tempat parkir di IRTI Monas dengan disediakan bus antar-jemput umat.

Humas Keuskupan Agung Jakarta Gereja Katedral, Susyana Suwedie, saat ditemui di Gereja Katedral Jakarta dalam persiapan perayaan Natal, di Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/12/2019). Foto: Lina Fitria

“Saya mendapat kabar bahwa Pemda pun juga menyediakan tempat parkir di IRTI dengan menyediakan shelter bus ke Gereja Katerdral,” kata Susyana ditemui di Gereja Katerdarl, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, terpisah.

Dia mengaku senang karena itu baru pertama kali Pemprov DKI menyediakan shelter bus untuk umat gereja.

“Iya ini baru pertama, kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya. Karena ini baru pertama kali dilakukan penyediaan untuk shelter dari IRTI ke sini,” ujarnya.

Menurutnya dengan adanya lahan parkir serta bus antar-jemput umat Gereja, membantu umat menghindari macet.

“Jadi ini juga turut membantu memecahkan masalah yang ada sehingga umat yang membawa mobil, bisa salah satunya memarkirkan kendaraannya di IRTI. Dan juga bisa diantar dengan bus dengan kondisi yang jaraknya cukup jauh,” tuturnya.

Sementara, umat Gereja, Imanuel Olivie, mengaku senang atas adanya fasilitas bus TransJakarta untuk mengangkut penumpang yang ingin ke gereja.

“Saya sangat mendukung atas rencana TranJakarta menyediakan bus untuk angkut warga Jakarta yang ingin menunaikan ibadah di Gereja,” kata Olive ditemui di Gereja Imanuel, Gambir, Jakarta Pusat,

Menurut dia tidak perlu lagi pusing untuk memikirkan kendaraan saat ingin beribadah. Dia mengapresiasi terobosan Pemprov dan TransJakarta.

“Menurut saya bagus ya, orang yang bawa kendaraan enggak susah memikirkan parkir dimana. Dan dengan adanya bus anter-jemput, nggak bikin macet juga,” tutupnya.

Lihat juga...