Perluasan Kawasan Konservasi Laut Harus Jelas Tujuannya

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan, menegaskan bahwa perluasan kawasan konservasi laut dilakukan berdasarkan kebutuhan. 

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, mengatakan, kawasan konservasi laut adalah suatu kawasan yang dikhususkan untuk tindakan konservasi tertentu, yang terwujud dalam bentuk taman laut nasional, wisata alam laut, suara margasatwa dan cagar alam laut.

“Dan, kawasan laut Indonesia masih banyak yang belum dimaksimalkan potensinya. Kita saat ini baru memiliki 195 dengan luasan 122 juta hektare. Rencananya kita akan melakukan perluasan hingga 26 juta hektare hingga akhir 2024,” kata Edhy, dalam acara Indonesia Seafood Expo 2019 di JCC Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Namun, ia menegaskan perluasan kawasan konservasi laut ini tidak bisa dilakukan tanpa ada fungsi yang jelas dari kawasan tersebut.

“Dalam melakukan perluasan ini, perlu ditekankan bukan hanya di atas kertas saja. Tidak tahu gunanya apa. Saya bisa melakukannya setiap saat. Tapi, kalau konservasi ini diperluas tanpa tahu kegunaannya apa, akhirnya tidak terawat dan tidak terurus, buat apa?” ujarnya.

Sehingga, katanya, setiap saat ada penambahan kawasan konservasi laut, itu sudah juga diketahui dan dijabarkan fungsinya.

“Dari 195, kan 10 dikelola oleh KKP. Daerah-daerah yang kita lepas itu juga harus kita pastikan. Dan, kita akan terus terbuka bagi pihak-pihak yang peduli pada lingkungan,” pungkasnya.

Lihat juga...