Persiapan Misa Malam, 430 Personel Gabungan Diterjunkan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Humas Katedral dan Keuskupan Agung, Susyana Suwadie, mengatakan, pengamanan saat misa malam Natal sudah disiapkan.

Sekitar 430 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, internal Katedral, serta Banser dari GP Ansor diturunkan untuk membantu pengamanan di Gereja Katedral Jakarta pada perayaan Natal 2019.

“Untuk area luar didukung oleh aparat TNI dan Polri. Yang saya dengar menurunkan kurang lebih 300 personel dan GP Ansor yang biasa turut membantu mengirimkan 30 personel,” kata Susyana di Gereja Katedral, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/12/2019) siang.

Humas Katedral dan Keuskupan Agung, Susyana Suwadie saat ditemui menjelaskan mengenai persiapan Natal 2019 di Gereja Katedral, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/12/2019) siang. Foto: Lina Fitria

Menurut Susyana pengamanan pun sama seperti perayaan natal tahun lalu. Dimana pihak keamanan dari Gereja Katedral memiliki 100 personel untuk keamanan internal.

“Seperti juga tahun yang lalu jadi koordinasi sama seperti yang sudah dilakukan sebelumnya. Internal gereja katedral sendiri memiliki 100 personel untuk keamanan, yaitu berupa swadaya dari umat dan juga sekuriti,” ujarnya.

Polda Metro Jaya pun meningkatkan jumlah gereja yang diprioritaskan pengamanannya saat perayaan Natal dan tahun baru 2020.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, mengatakan, polisi memprioritaskan pengamanan di 316 gereja di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Lokasi pengamanan gereja yang diprioritaskan itu di antaranya berada berdampingan dengan tempat ibadah agama lain.

“Sebanyak 1.558 gereja yang kita amankan di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Ada 316 yang menjadi skala prioritas (pengamanan) karena 4 gereja besar. Alasan kedua, ada gereja yang sebelahnya ada rumah ibadah lain, misalnya masjid,” kata Yusri di kawasan Jakarta Timur.

Selain Polda Metro Jaya, pihak Polres Jakarta Barat juga menerjunkan Brimob Gegana tim jihandak Polri dan anjing pelacak sisir gereja.

Dalam penyisiran tersebut anjing pelacak dari unit satwa K9 turut diterjunkan ke lokasi guna memastikan area penyisiran steril dari segala bentuk ancaman teror

Kabag Ops Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Wuryantono, SIK, mengatakan, penyisiran ini dilaksanakan guna memastikan keamanan dan kondusivitas perayaan Natal di Jakarta Barat.

“Gereja yang terdapat di wilayah Jakarta Barat yang dilakukan penyisiran dari tim Jihandak Brimob Polri maupun dari Unit Satwa K9. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan tempat yang digunakan beribadah aman dari benda-benda yang mencurigakan,” ujar Wuryantono saat dikonfirmasi Cendana News.

Ada pun gereja yang dilakukan penyisiran di antaranya adalah Gereja Kristoforus Jelambar Jakarta Barat dan Gereja Santa Maria Imakulata Kalideres Jakarta Barat.

Lihat juga...