Personel Pengamanan Nataru Bekasi Diminta Antisipatif

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengintruksikan seluruh personel pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru (2020) untuk mulai bersiaga. Khususnya di wilayah rawan ancaman yang akan menghambat jelang ibadah Natal. 

“Pemkot menugaskan puskesmas untuk mempersiapkan mobil ambulans dan mobil derek. Antisipasi ketika ada yang membutuhkan,” kata Tri Adhianto, ketika meninjau posko yang berada di Wilayah Bekasi Selatan, Senin (23/12/2019).

Dia melakukan peninjauan posko pengamanan Nataru 2020 bersama unsur Forkopimda setempat, seperti Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes, Dandim 0507 Bekasi, guna melihat langsung kesiapan posko siap siaga natal dan tahun baru.

Tinjauan tersebut dilakukan di dua Posko Wilayah Bekasi Selatan, tepatnya di Giant Mega Bekasi Mall dan Kecamatan Medan Satria, yang berada di depan pintu masuk Harapan Indah Medan Satria Kota Bekasi.

Kesiagaan Nataru 2020 di Kota Bekasi dibantu personel dari Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Polres Metro Bekasi Kota, Puskesmas Pemerintah Kota Bekasi serta para pelajar dari Pramuka Kota Bekasi.

Tri Adhianto mengharapkan kepada masyarakat Kota Bekasi, agar tetap melaksanakan Natal dan Tahun Baru ini dengan tertib dan khidmat, sehingga bisa berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

Sebelumnya dia juga memimpin Rapat Kordinasi Pengamanan  Nataru 2020 bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) di Ruang Nonon Sontani.

“Saya mengajak seluruh instansi agar menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan tugas pengamanan perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020, sehingga tercipta situasi kamtibmas yang kondusif,” tukasnya.

Menurutnya, perayaan Nataru 2020 di Kota Bekasi mulai memasuki musim penghujan. Maka, dia berharap semua  instansi siap siaga mengantisipasi kemungkinan yang terjadi. Terutama kemungkinan terjadinya bencana, tidak lagi menunggu, tetapi langsung sigap menyelesaikan.

Ada pun yang menjadi perhatian dalam Rakor ini di antaranya pengamanan antisipasi konvoi malam pergantian tahun baru, balap liar, dan narkoba. Selain itu, titik yang menjadi fokus pengamanan di antaranya tempat peribadatan, pasar, mall, serta tempat wisata.

”Kita harus tetap waspada, lebih baik mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan deteksi dini, serta antisipasi-antisipasi. Tentunya kerja sama dengan TNI-POLRI  sangat diperlukan dalam  mengamankan natal dan tahun baru, agar masyarakat aman dan nyaman,” kata ungkap Tri.

Selain tentang Kamtibnas, dia juga memerintahkan jajaran Dinas Perhubungan untuk terus memantau arus lalu lintas. Karena Kota Bekasi merupakan perlintasan bagi para pengendara.

“Dishub harus siaga terus, jangan sampai nanti angkutan itu jadi melebihi kapasitasnya, sehingga bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolrestro Bekasi Kota, Kombes. Pol. Indarto, memaparkan upaya yang akan dilakukan pihaknya dalam pengamanan dengan mengerahkan personel di beberapa tempat, di antaranya di gereja, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi dan  terminal.

Lihat juga...