Pesanan Kue Kering Jelang Natal di Lamsel Meningkat

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

LAMPUNG — Tradisi berkunjung saat hari raya Natal dengan sajian memberi peluang bagi pemilik usaha pembuatan kue di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan (Lamsel). Dalam beberapa hari terakhir, pesanan yang didominasi kue kering tradisional meningkat dibandingkan hari biasa.

Veronica Sundari tengah mengemas berbagai jenis kue sebelum dikirim ke pemesan, Selasa (10/12/2019). Foto: Henk Widi

Veronica Sundari, anggota kelompok Mawar Desa Pasuruan menyebutkan, berbagai jenis kue kering yang dipesan pelanggan rata rata mencapai 50 kilogram. Salah satufavorit yakni semprong, yang dapat mencapai 100 kilogram. 

“Pesanan didominasi kue kering. Meski pembuatan kue basah tetap dilayani, namun jelang Natal tahun ini semua konsumen hanya memesan kue kering,” ungkap Veronica Sundari saat ditemui Cendana News tengah melakukan pengemasan kue babon di rumahnya, Selasa (10/12/2019).

Disebutkan, beberapa jenis kue yang diproduksi meliputi semprong, ring keju, babon, akar kelapa, peyek kacang, sagon, jipang, kripik pisang, kripik coklat. Khusus untuk kue basah ia membuat agar agar, kue lapis, bolu kukus.

“Pesanan kue kering cukup banyak dibandingkan hari biasa. Namun dibandingkan jelang hari raya Idul Fitri volume produksi lebih sedikit,” tambahnya.

Jelang hari raya Idul Fitri Veronica Sundari menyebut pesanan kue kering bisa mencapai 500 kilogram.

Veronica Sundari menyebut usaha rumahan pembuatan kue awalnya menjadi usaha pribadi. Namun dengan adanya dukungan dari pemerintah desa, ia mulai membentuk kelompok beranggotakan sejumlah wanita.

“Kami mendapat pelatihan produksi, pemasaran serta manajemen pengelolaan kelompok pemberdayaan wanita,” beber Veronica Sundari.

Nining, salah satu anggota kelompok menyebut dengan adanya pembuatan kue menjadi sumber penghasilan. Adanya pesanan jelang hari raya Natal menjadi sumber penghasilan bagi sejumlah wanita di desa tersebut.

“Pesanan kue yang diproduksi pada pekan pertama harus segera dikirim pekan kedua karena memakai ekspedisi,” beber Nining.

Sejumlah kue pesanan sudah sampai ke pelanggan dua hari sebelum Natal. Sebagai cara untuk menjaga kualitas, kue yang sudah dibuat akan dikemas dalam wadah kedap udara. Ia juga memastikan kue kering yang dibuat memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan buatan pabrik.

Lihat juga...