Petani Senang Koperasi di Trirenggo Sediakan Benih Padi

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Terobosan baru Koperasi Unit Desa (KUD) Gemah Ripah Trirenggo dalam menyediakan benih padi melalui unit usaha Toko Cerdas Damandiri, mendapatkan respons positif dari para petani di Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo, Bantul. 

Banyak petani di desa binaan Yayasan Damandiri itu yang mengambil bibit padi melalui koperasi. Selama satu bulan terakhir, bahkan tercatat telah ada sedikitnya 3 ton lebih benih padi yang mampu didistribusikan koperasi kepada para petani.

Salah seorang petani dari Kelompok Tani Ngudi Lestari dusun Nogosari, RT 02, Partono, mengaku baru saja mengambil 14 pak benih padi berisi 5 kilogram dari Koperasi Gemah Ripah. Benih padi dengan total 70 kilogram itu rencananya akan digunakan untuk keperluan anggota kelompok tani di dusunnya.

“Rencananya ini nanti akan digunakan untuk persiapan tanam anggota kelompok tani Ngudi Lestari. Ada sekitar 40 petani yang merupakan anggota kelompok tani dengan luasan sawah mencapai16 hektare. Bibit ini jelas jumlahnya masih kurang, sehingga nanti akan tambah lagi,” katanya, Rabu (18/12/2019).

Partono mengaku mengambil benih padi jenis mekongga untuk ditanam di lahan pertaniannya. Menurutnya, benih jenis mekongga memiliki kelebihan tahan penyakit, terlebih di awal musim penghujan seperti saat ini. Selain itu, padi mekongga juga memiliki rasa cukup enak serta kualitas bulir padi yang bagus.

“Kita sebagai petani senang dengan koperasi menjual benih padi seperti ini. Karena kita tidak perlu jauh-jauh membeli benih padi berkualitas. Cukup membeli di koperasi. Selain itu, jika petani tidak memiliki modal bisa dibantu dengan pinjaman koperasi,” ungkapnya.

Koperasi Gemah Ripah Trirenggo, Bantul, sejak November lalu mulai menjual berbagai jenis benih padi melalui Toko Cerdas Damandiri. Upaya ini dilakukan untuk membantu para petani di Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo, untuk memenuhi kebutuhan benih padi berkualitas unggul. Termasuk juga memberdayakan produsen benih lokal yang ada di sekitar Trirenggo.

Lihat juga...