Peternak Bisa Manfaatkan ‘Modal Kita’ Untuk Beli Sapi

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Para pelaku usaha peternakan di Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo, dalam waktu dekat ini akan bisa mendapatkan modal usaha dalam jumlah cukup besar untuk mengembangkan usaha mereka. 

Hal itu menyusul rencana Yayasan Damandiri, melalui Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, untuk mensinkronkan program usaha demplot ternak sapi dengan program Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja), yang kini bertransformasi menjadi Modal Kita.

Manajer Usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Rita Kurnia, mengatakan, para peternak nantinya dapat mengajukan pinjaman modal usaha melalui program Modal Kita untuk membeli ternak sapi sesuai pilihan mereka.

Pasalnya, dalam program Modal Kita, koperasi mengalokasikan besaran plafon pinjaman cukup besar hingga mencapai Rp25 juta. Yakni, dengan persyaratan sangat mudah serta bunga yang ringan sehingga tidak memberatkan nasabah.

“Nanti peternak bisa membeli sapi dengan pinjaman modal dari koperasi. Karena kan sekarang ada program Modal Kita. Program ini terbagi menjadi dua macam. Yakni, pinjaman mikro dengan plafon maksimal Rp5juta, dan pinjaman kecil dengan plafon maksimal Rp25 juta. Nah, peternak bisa memanfaatkan model pinjaman kecil,” ungkapnya.

Sinkronisasi program usaha demplot ternak sapi dan program Modal Kita, diharapkan akan mampu menambah atau meningkatkan aset ternak sapi para peternak di Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo. Dengan begitu, nilai keuntungan atau pendapatan yang diperoleh para peternak juga akan bisa meningkat.

“Harapannya tentu para peternak bisa mendapatkan penghasilan lebih besar dari sebelumnya. Sehingga, otomatis kesejahteraan mereka akan makin meningkat,” ungkapnya.

Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor peternakan, dengan membentuk usaha demplot ternak sapi di kelompok ternak Ngudi Rejeki, Dusun Kaliberot, Argomulyo, sejak 2017.

Sebanyak 15 ekor sapi betina diberikan Yayasan Damandiri sebagai modal usaha para peternak. Setelah beberapa tahun berjalan, sejumlah sapi itu saat ini telah berhasil berkembang. Ditandai dengan lahirnya sejumlah anakan sapi yang bisa dijual, sehingga menjadi tambahan penghasilan bagi warga.

Keberhasilan itu mampu mendorong semangat warga untuk kembali memulai dan mengembangkan usaha ternak mereka. Selain berencana membuat kandang kelompok yang baru, pada peternak yang tergabung dalam kelompok ternak Ngudi Rejeki, juga berencana mengembangkan usaha ternak yang fokus pada penggemukan.

 

Lihat juga...