PKK Denpasar Peringati Hari Ibu 2019

Editor: Koko Triarko

DENPASAR – Ratusan anggota PKK Kota Denpasar menggelar acara senam bersama dan gerak jalan keluarga sehat dan bahagia, untuk memperingati Hari Ibu 2019. Sebelum jalan santai dimulai, peserta mengawali dengan senam bersama di lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Jumat (6/12).

Ketua PKK Denpasar, Selly Mantra, mengatakan, peringatan Hari Ibu PKK Kota Denpasar setiap tahun rutin diadakan dengan berbagai kegiatan. Tahun ini menindaklanjuti surat Ketua Umum Tim penggerak PKK Pusat, peringatan Hari Ibu mengambil tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”, dengan acara Gerak Jalan Keluarga Sehat dan Bahagia.

Jalan Keluarga Sehat dan Bahagia ini mengambil start di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung di Jalan Veteran, menuju Jalan Kedondong, Jalan Belimbing, Jalan Durian, Jalan Kaliasem dan kembali ke Lapangan Puputan Badung Gusti Ngurah Made Agung.

Ketua PKK Denpasar, Selly Mantra, saat mengikuti gerak jalan PKK dalam rangka peringatan Hari Ibu 2019 di Denpasar, Bali, Jumat (6/12/2019). -Foto: Sultan Anshori

Dikatakan, acara tersebut dilaksanakan serentak  di seluruh Indonesia pada 7 Desember, namun karena pada hari tersebut merupakan Hari Raya Saraswati, maka khusus untuk di Kota Denpasar pelaksanaan dimajukan pada 6 Desember.

“Meskipun pelaksanaannya maju, namun kami berharap PKK Kota Denpasar tetap semangat dan bahagia. Karena sebagai seorang ibu dan  kader PKK, kita harus tetap bersemangat dan bahagia untuk memberdayakan perempuan serta mampu membantu masyarakat, terutama dalam hal keluarga, perempuan, dan anak,” ujarnya, di sela-sela kegiatan, Jumat (6/12/2019).

Dia menambahkan, peringatan Hari Ibu setiap tahun menunjukkan, bahwa kaum perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam rangka menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tenteram dan damai serta adil dan makmur.

‘’Dalam momentum untuk merenungkan peranan dan kedudukan yang menggambarkan semangat nasionalisme perempuan berdaya untuk Indonesia maju,’’ tegasnya.

Salah satu peserta gerak jalan keluarga sehat dan bahagia, I Gusti Ayu Pebrina Suryaningsih, mengatakan, sangat senang bisa ikut serta memperingati Hari Ibu. Menurutnya, dengan gerak jalan keluarga sehat dan bahagia ini, para ibu menjadi sehat dan bugar serta bahagia, karena saling bertemu dengan saudara, teman maupun kerabat.

Ia mengaku, dengan peringatan Hari Ibu ke-91 menunjukkan, bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tenteram dan damai serta adil dan makmur.

Selain sesungguhnya perjuangan meningkatkan peranan dan kedudukan kaum perempuan Indonesia, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masih panjang, namun keberhasilan yang telah dicapai selama ini hanya langkah awal dalam menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia yang aman, tenteram dan damai serta adil dan makmur.

“Tidak hanya itu, peringatan Hari Ibu merupakan momentum untuk merenungkan peran perempuan, dalam memperjuangkan peranan dan kedudukannya yang menggambarkan semangat nasionalisme perempuan berdaya untuk menuju Indonesia maju,” tandasnya.

Lihat juga...