PMI Kerahkan Personel dan Peralatan ke Bolapapu Sigi

Personel PMI Kabupate Sigi saat melakukan penyisiran di lokasi bencana banjir yang terjadi Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah – Foto Ant

SIGI – Palang Merah Indonesia (PMI), mengerahkan personel dan sejumlah peralatan, ke lokasi bencana banjir yang terjadi di Desa Bolapapu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (12/12/2019).

“Kami mengerahkan delapan personel pada proses penanggulangan bencana di Kecamatan Kulawi tersebut. Untuk menuju ke lokasi menggunakan mobil double cabin dan motor trail, untuk mempermudah upaya menembus daerah yang terdampak banjir,” kata Ketua PMI Kabupaten Sigi, Agus Lamakarate, Kamis (12/12/2019).

Sebelum berangkat ke lokasi, personel yang diterjunkan melakukan briefing singkat untuk mengetahui tugas masing-masing saat memberikan pertolongan. Setiap personel dilengkapi peralatan seperti sekop, cangkul dan lampu senter mengingat kondisi di lokasi bencana, lumpur cukup tebal dan minim penerangan.

Selain itu, seluruh relawan diminta berkoordinasi dengan Pemkab Sigi, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk ikut mengambil data di lapangan. Personel yang dilibatkan harus waspada dan berhati-hati, untuk mengantisipasi adanya bencana susulan. “Selalu berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Selain itu, beberapa personel pun tengah melakukan assesment untuk menghimpun data baik jumlah maupun kebutuhan yang dibutuhkan korban,” tandasnya.

Hingga saat ini, personel dari lembaga kemanusiaan ini masih melakukan penyisiran ke sejumlah permukiman, mengantisipasi adanya warga yang terjebak di dalam rumah akibat banjir. “Personel yang di lokasi pun dikerahkan untuk membantu proses evakuasi dan informasinya warga yang terdampak bencana banjir sudah mulai mengungsi ke sejumlah tempat,” tambahnya.

Sementara itu, PT PLN (Persero) Area Palu, Sulawesi Tengah memastikan, suplai listrik di lokasi banjir bandang Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi Induk, Kabupaten Sigi sudah normal. Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Area Palu Muhamad Wardi Hadi, di Palu, Kamis (12/12/2019) malam mengatakan, kondisi kelistrikan di lokasi banjir bandang Sigi sudah berangsur pulih.

Namun, diakui listrik sempat padam saat banjir disertai material lumpur dan potongan kayu serta bebatuan menerjang Dusun Tiga, Desa Bolapapu. “Kondisi kelistrikan PLN saat ini sudah kembali stabil hingga Kecamatan Kulawi Selatan berdasarkan informasi petugas kami di kantor pelayanan Kulawi,” ujar Wardi.

Sebelumnya, intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Sigi bagian selatan menyebabkan banjir disertai material lumpur menerjang wilayah Kulawi pada pukul 19.30 WITA. Dilaporkan dari peristiwa itu dua warga setempat meninggal dunia dan satu jembatan putus di Desa Bolapapu. Kedua korban tersebut, merupakan ayah dan anak adalah warga Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, yang daerahnya sedang dilanda musim hujan dalam beberapa hari ini.

Bencana alam kali ini bukan karena air sungai meluap, tetapi terjadi luncuran air dan lumpur dari gunung. Desa Bolapapu terletak di pinggir gunung berbatasan langsung dengan kawasan hutan. Beberapa tahun silam banjir bandang juga menerjang desa itu dan ratusan kepala keluarga kehilangan rumah dan harta benda. Banjir saat itu juga menelan banyak korban jiwa tertimbun lumpur dan hanyut terseret banjir. (Ant)

Lihat juga...