Polres Banyumas Kini Jadi Polresta

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Perubahan Polres Banyumas menjadi Polresta Banyumas harus diikuti dengan peningkatan pelayanan publik, pengayoman, perlindungan, penegakan hukum serta situasi kamtibmas. Sebab, berbagai sarana pendukung juga meningkat, termasuk jumlah personel dan dukungan anggaran.

“Konsekuensi dari adanya perubahan tipologi dari polres menjadi polresta ini adalah pelayanan publik harus meningkat, itu mutlak, tidak bisa ditawar-tawar lagi dan kepercayaan masyarakat juga meningkat,” kata Kapolda Jateng, Irjen Pol Ryco Amelza Dahniel, usai memimpin upacara perubahan tipologi Polres Banyumas menjadi Polresta Banyumas, Jumat (6/12/2019) di Mapolresta setempat.

Lebih lanjut Kapolda menjelaskan, perubahan tipologi Polresta Banyumas ini sudah diputuskan sejak 2 Oktober lalu, dengan tujuan utama untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Perubahan tipologi ini didasarkan beberapa faktor, antara lain perkembangan jumlah penduduk, crime indeks yang terus meningkat dan adanya dukungan dari stakeholders setempat.

Indikator dari adanya pengingkatan pelayanan publik, lanjut Kapolda, adalah tidak ada lagi komplain dari masyarakat atas pelayanan yang dilakukan anggota. Selain itu, masyarakat makin mempunyai keberanian untuk menyampaikan keluhan terkait kondisi kamtibmas dan sebagainya.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ryco Amelza Dahniel, menandatangani prasasti perubahan tipologi Polres Banyumas menjadi Polresta Banyumas, Jumat (6/12/2019). –Foto: Hermiana E. Effendi

Perubahan ini, lanjutnya, diikuti dengan bebebapa dukungan, antara lain dari sisi struktur arganisasi bertambah besar, dengan bertambahnya jumlah anggota, demikian pula dari sisi anggaran. Dari sisi kepangkatan, ada peningkatan, yaitu dari sebelumnya dipimpin oleh seorang AKBP atau Ajun Komisaris Besar Polisi, menjadi dipimpin oleh Kombes atau Komisaris Besar.

“Perlengkapan juga ditingkatkan. Dan, yang tidak kalah penting adalah kehadiran polisi harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, sehingga anggota Polresta Banyumas harus lebih dekat dengan masyarakat,” tegas Kapolda.

Untuk wilayah Polda Jawa Tengah, saat ini memiliki dua polresta dan satu polrestabes. Menurut Kapolda, ke depan jumlah polresta di Jateng akan meningkat, seiring dengan tuntutan perkembangan dinamika di masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Banyumas, Achmad Husein, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Jateng serta jajaran Polresta Banyumas atas peningkatan tipologi Polres Banyumas menjadi Polresta Banyumas. Menurutnya, hal tersebut akan berdampak pada pelayanan, keamanan serta ketertiban di masyarakat yang semakinmeningkat.

“Peningkatan tipologi ini tentu membawa dampak positif bagi masyarakat Banyumas, karena itu saya ucapkan terima kasih kepala Kapolda Jateng dan jajarannya,” kata Husein.

Lihat juga...