Polres Kebumen Berlakukan ‘Car Free Night’ di Malam Tahun Baru

Editor: Koko Triarko

KEBUMEN – Demi memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang ingin merayakan tahun baru di pusat kota, Polres Kebumen memberlakukan car free night pada malam pergantian tahun baru di Alun-Alun Kebumen. Sehingga, kawasan alun-alun bebas dari kepadatan kendaraan.

Kabag Ops Polres Kebumen, Kompol Cipto Rahayu, dalam arahannya kepada anggota, mengatakan, pada malam pergantian tahun baru dipastikan akan terjadi lonjakan arus lalu lintas yang cukup tinggi. Terutama di jalan-jalan utama di Kota Kebumen. Sehingga mulai pukul 17.00 WIB, akan diberlakukan car free night di seputar Alun-alun Kebumen.

Car free night ini konsepnya seperti car free day, namun pelaksanaannya pada malam hari. Sejumlah ruas jalan di dekat Alun-alun Kebumen akan ditutup dan kendaran tidak boleh melintas, demi kenyamanan perayaan malam tahun baru,” terangnya, Minggu (29/12/2019).

Kabag Ops Polres Kebumen, Kompol Cipto Rahayu, memberikan arahan kepada anggota tentang pelaksanaan car free night di Mapolres setempat, Minggu (29/12/2019). -Foto: Hermiana E. Effendi

Lebih lanjut Kompol Cipto Rahayu menjelaskan, akses jalan utama yang akan ditutup, yaitu mulai dari Jalan Piere Tendean menuju Alun-alun Kebumen, kemudian Jalan Ronggowarsito menuju Alun-alun Kebumen, Jalan Pahlawan dari arah PLN lama, Jalan Veteran, Jalan Soetoyo dan Jalan Pahlawan dari arah tugu lawet ke arah Alun-alun Kebumen.

Polres Kebumen menyediakan kantong-kantong parkir kendaraan pada setiap ujung barikade jalan yang ditutup. Untuk masyarakat yang ingin menghabiskan malam tahun baru di Alun-Alun Kebumen, bisa memarkir kendaraan di kantong parkir yang telah disediakan.

Kompol Cipto Rahayu mengimbau, bagi warga Kabupaten Kebumen yang rumahnya di kawasan alun-alun, disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan jika ingin menghabiskan malam tahun baru di alun-alun. Sebab, makin kendaraan terutama sepeda motor bisa dikurangi, maka suasana malam tahun baru akan lebih nyaman.

“Kita juga mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Kebumen, untuk perayaan malam tahun baru di Alun-Alun Kebumen, dilarang keras untuk menyalakan petasan, minum minuman keras dan mengkonsumsi narkoba,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, menjelaskan, selain di Alun-alun Kebumen, pusat keramaian perayaan tahun baru lainnya di kawasan Benteng Van Der Wijck di Kecamatan Gombong, serta sepanjang objek wisata pantai di Kebumen.

“Prediksi kita, pusat keramaian yang paling banyak menyedot pengunjung tetap di Alun-Alun Kebumen, karena jika ingin ke Benteng Van Der Wijck atau ke pantai harus melalui jalur utama di Kota Kebumen yang dipastikan macet, sehingga orang akan lebih memilih untuk berada di alun-alun. Terlebih sekarang ini Alun-Alun Kebumen sudah dilengkapi air mancur dan tempat fitness,” kata Kapolres.

Lihat juga...