Polres Madiun Siagakan 420 Personel Amankan Nataru

MADIUN – Petugas Kepolisian Resor (Polres) Madiun Kota, Jawa Timur, menyediakan lima pos komando (posko) dalam rangka pelaksanaan pengamanan Natal 2019 dan tahun baru 2020 di wilayah hukum setempat.

“Lima posko yang disediakan tersebut terdiri dari tiga pos pengamanan dan dua pos pelayanan yang disediakan di beberapa tempat,” ujar Kabag Ops Polres Madiun Kota, Kompol Gatot Sudiyoto, di Madiun, Minggu (15/12/2019).

Sesuai pemetaan, pos pengamanan akan ditempatkan di Jalan Pahlawan, Stasiun Madiun, dan Terminal Purboyo Madiun. Sedangkan pos pelayanan diterapkan di Madiun Square atau Alun-alun kota Madiun dan Sun City Festival.

“Masyarakat juga diminta mewaspadai sejumlah titik rawan kecelakaan. Kami juga petakan 10 titik rawan pelanggaran lalu lintas,” kata dia.

Gatot menjelaskan, selama pengamanan Natal 2019 dan tahun baru 2020, Polres Madiun Kota menyiagakan sekitar 420 personel gabungan. Petugas yang terlibat meliputi gabungan dari unsur Polri, TNI, Denpom, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, PMI, dan relawan.

Fokus utama para personel tersebut adalah mengamankan objek vital (obvit) seperti gereja-gereja dan lokasi perayaan pergantian tahun 2020.

“Kota Madiun merupakan daerah transit. Masyarakat dari berbagai daerah diperkirakan akan masuk ke dalam kota. Terlebih saat malam pergantian tahun baru nanti,” kata dia.

Sesuai rencana, perayaan pergantian tahun baru 2020 di Kota Madiun akan dipusatkan di tiga tempat berbeda. Yakni, Balai Kota dan sepanjang Jalan Pahlawan, Alun-alun Kota Madiun, dan lokasi Sunday Market.

Pusat perayaan tahun baru memang sengaja disebar. Tujuannya untuk memecah kepadatan kendaraan, agar tidak terpusat di satu titik tertentu. (Ant)

Lihat juga...