Prakualifikasi Porprov 2020, Pertina Padang Gelar Tinju Amatir

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

Ketua Pertina Kota Padang, Syahrial, yang ditemui di sela kegiatannya yang juga sebagai Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Jumat (20/12/2019). Foto: M. Noli Hendra

PADANG — Mempersiapkan atlet yang akan bertanding di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat 2020, Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Padang mulai menjaring dengan menggelar Kejuaraan Tinju Amatir yang bertajuk Piala Wali Kota Padang, yang diselenggarakan di GOR Tenis Telkom pada 22-28 Desember 2019 mendatang.

Ketua Pertina Kota Padang, Syahrial mengatakan, kejuaraan tinju amatir yang diselenggarakan itu merupakan bagian dari prakualitifikasi yang akan diikuti oleh seluruh petinju di Sumatera Barat.

“Ini merupakan kejuaraan yang kedua kalinya Pertina gelar. Tahun lalu kejuaraan tinju amatir ini berjalan sukses, sehingga tahun ini kita dari Pertina mengharapkan lebih baik lagi penyelenggaraanya,” katanya, Jumat (20/12/2019).

Ia menyebutkan melihat pada tahun lalu, Pertina Kota Padang berhasil meraih juara umum dan tahun ini menargetkan prestasi yang serupa, sehingga atlet tinju dari Padang bisa ikut bertanding Porprov 2020.

“Jadi, karena ini merupakan bagian dari pra Porprov maka setiap daerah akan mengirim atletnya. Dari kejuaraan ini akan mendapatkan tiket untuk berlaga di 2020,” ujar Syahrial.

Sementara itu, Sekretaris Umum Pertina Kota Padang, Dodi Damanik mengatakan, petinju yang lolos ke Porprov adalah yang meraih medali.

“Makanya kita berharap betul setiap daerah mengirimkan atletnya untuk berlaga di kejuaraan tinju amatir 2019 ini. Jika semua daerah ikut, maka sekaligus Pertina dapat memantau dan mengetahui potensi para petinju yang ada di daerah lainnya,” sebutnya.

Ia menjelaskan, pada Porprov kali ini akan mempertandingkan 17 kategori kelas. 10 untuk kelas putra dan tujuh untuk kelas putri. Pertina Kota Padang tidak mengikuti semua kelas, dan hanya menurunkan 12 petinju saja.

“Dikarenakan ada beberapa alasan, seperti ada petinju yang sedang sekolah dan berbagai alasan lainnya,” ungkapnya.

Pertina Kota Padang menurut Dodi bertekad untuk mempertahankan gelar juara umum yang didapatkan pada kejuaraan yang sebulumnya.

“Untuk peta persaingan ada beberapa daerah yang kami waspadai seperti Payakumbuh dan Pasaman,” sebutnya.

Selain Pertina Kota Padang yang telah memulai kejuaraan tinju amatir, Pengurus provinsi (Pengprov) Pertina Sumatera Barat juga bakal menggelar Kejuaraan Tinju Amatir Internasional Piala Presiden Republik Indonesia, yang direncanakan pada 2020 mendatang.

Ketua Pengprov Pertina Sumatera Barat, Togi Paruhun Tobing, mengatakan, latar belakang dilaksanakannya kejuaraan besar itu adalah untuk menggairahkan olahraga tinju sekaligus memotivasi petinju Ranah Minang agar lebih berprestasi.

Ia juga menginginkan kesuksesan pelaksanaan bakal terulang kembali ketika menggelar kesuksesan pelaksanaan kejuaraan tinju nasional Wakil Presiden Cup tahun 2013 lampau.

Lihat juga...