Puluhan Hewan Peliharaan di Purwokerto Ikut Pemberkatan

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Sebagai bentuk rasa syukur atas segala anugerah di alam semesta ini, mulai dari anugerah berupa keberadaan bumi, hewan dan tumbuhan, Gereja Paroki Santo Yosep Purwokerto, Minggu (29/12/2019) mengadakan acara pemberkatan terhadap hewan peliharaan. Berbagai jenis hewan peliharaan diperbolehkan untuk dibawa ke gereja guna mendapat pemberkatan.

Acara pemberkatan dipimpin oleh Pastor Kepala Paroki Santo Yosep Valentinus Sumanto Winata dan berlangsung di halaman gereja. Puluhan hewan peliharaan terlihat berderet, lengkap dengan berbagai kostum yang lucu-lucu. Ada yang diberi pita pada rambut, memakai rompi, kaca mata dan lain-lain.

Dan untuk 100 bibit tanaman yang ikut diberkati, terdiri dari jeruk nipis, jeruk purut, dan anggur. Setelah diberkati, tanaman tersebut akan  dibagikan kepada warga di sekitar gereja.

“Pemberkatan hewan peliharaan ini merupakan wujud rasa syukur kita. Tuhan menciptakan alam semesta, hewan dan tumbuhan ini, agar kita pelihara dan lestarikan, karena itu mari kita syukuri semua anugerah yang sudah diberikan Tuhan kepada kita,” kata Pastor Sumanto.

Puluhan hewan peliharaan mengikuti pemberkatan,  terdiri dari berbagai jenis, mulai dari anjing, kucing, burung, ikan dan kura-kura. Ada juga yang membawa bibit tanaman untuk diberkati.

Satu per satu hewan peliharaan di bawa ke depan Pastor Sumanto dan dilakukan pemberkatan. Setiap hewan peliharaan didampingi oleh pemiliknya masing-masing. Pemberkatan dilakukan dengan cara memerciki air suci kepada flora dan fauna oleh pastor. Setlah itu, doa dipanjatkan, supaya para hewan peliharaan tersebut sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit.

Pastor Sumanto mengatakan, Tuhan menciptakan flora dan fauna untuk kesejahteraan manusia, tapi sering kali manusia justru mengeksploitasinya. Karenanya, ia berharap bagi yang mempunyai hewan peliharaan, untuk bisa dipelihara dengan sebaik-baiknya.

Sementara dalam konteks Natal, lanjut Sumanto, Yesus lahir di sebuah kandang, dengan ditemani oleh binatang-binatang. Ada keledai, ada sapi dan lainnya. Sehingga sudah seharusnya, sukacita Natal, juga diberikan kepada binatang peliharaan.

Salah satu umat yang datang ke gereja dengan membawa hewan peliharaan, Dika mengatakan, baru kali ini mengikuti prosesi pemberkatan hewan peliharaan. Dan ia berharap, anjing peliharaannya bisa terus sehat dan memberikan manfaat.

“Hikmah lainnya, kita bisa bertemu dengan sesama pecinta anjing dan bertukar informasi seputar pemeliharaan anjing, mulai dari makanan, dokter hewan dan lainnya,” pungkasnya.

Lihat juga...