Putri Pedagang Sembako di Sikka Raih Medali SEA Games

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Terharu dan bangga masih menyelimuti raut wajah Dominikus Kause dan Maria Nona Sina Keytimu orangtua dari Jenny Elvia Kause, atlet pencak silat nasional yang meraih perak di ajang SEA Games 2019.

Keduanya tidak menyangka, anaknya bisa mengharumkan nama bangsa dengan menyumbangkan medali perak dan mengangkat nama keluarga berkat prestasinya di tingkat Asia Tenggara.

“Saat dia kalah dan meraih medali perak, saya langsung telepon dia dan memberikan kekuatan kepadanya agar jangan bersedih,” kata Maria Mona Sina Keytimu saat ditemui di Pasar Alok, Maumere,  Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (20/12/2019).

Maria berpesan agar anaknya jangan putus asa dan terus berlatih karena masih banyak laga penting yang harus diikuti dan dia bisa berprestasi lebih baik lagi dan mengharumkan Indonesia.

Meskipun ia dan suaminya hanya pedagang sembako di Pasar Alok, Maria mengakui bangga karena buah hatinya bisa terkenal berkat prestasinya di bidang olahraga.

“Putri saya meraih perak setelah kalah dari pesilat Vietnam. Dia bertanding di kelas B, 50 sampai 55 kilogram.Saya sangat terharu dia bisa meraih medali,” tambah Domonikus, ayah dari Jenny.

Putrinya yang lahir di Maumere, 18 Juni 1999 ini, kata Dominikus, sejak kelas 1 SMPN 1 Maumere sudah mulai berminat pada olahraga pencak silat sehingga dia dan sang isteri pun mendukung,

Jenny sebutnya, selalu berhasil meraih prestasi baik di tingkat lokal, provinsi maupun nasional dan dia terus berlatih keras agar bisa meraih prestasi di setiap kejuaraan yang diikuti.

“Sebelum bertanding di SEA Games, lawannya dari  Vietnam ini pun pernah dikalahkannya di kejuaraan pencak silat dunia beberapa waktu sebelumnya,” terangnya.

Dominikus berharap Pemkab Sikka dan Pemprov NTT bisa memberikan perhatian terhadap anaknya yang telah meraih prestasi dan mengharumkan nama daerah.

Anggota DPRD Sikka, Aelxander Agato Hasulie mengatakan, pihaknya sudah bersuara mendorong Pemerintah Kabupaten Sikka agar memperhatikan atlet-atlet yang berprestasi agar bisa memacu semangat atlet lainnya untuk meraih prestasi.

“Kami sudah sampaikan agar atlet yang berprestasi dan mengharumkan nama daerah terutama di tingkat nasional dan internasional harus diberikan penghargaan dan bantuan dana. Kita harus bangga ada atlet kita yang bisa meraih prestasi di SEA Games,” ungkapnya.

Lihat juga...