Ratusan Pelaku UMKM di Kota Bekasi Dilatih Membuat Roti

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Ratusan ibu-ibu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bekasi, Jawa Barat, mendapat pelatihan gratis tata cara membuat roti bersama Chef Lenny Wijaja, di halaman kantor Kecamatan Bekasi Selatan. 

“Ide awalnya kegiatan tak lain untuk memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM di Kota Bekasi. Dan kali ini diikuti 120 UMKM yang ingin naik kelas dan memiliki usaha baru di bidang roti,” ucap Lodi Santono, penyelenggara dari PT Chef Lenny Widjaja, di lokasi kegiatan di kantor Camat Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Sabtu (7/12/2019).

Lodi Santono, penyelenggaran Bekasi Food Culinary ditemui di lokasi kegiatan di halaman kantor Kecamatan Bekasi Selatan, Sabtu (7/12/2019). -Foto: M. Amin

Pelatihan UMKM yang kemas dalam Bekasi Food Culinary tersebut digelar selama tiga hari dan akan berakhir Minggu (8/12/2019). Acara tersebut memiliki lima agenda utama selain pelatihan, pameran produk UMKM, bazaar, baking demo, dan terakhir kontes kue.

“Bagi masyarakat di Bekasi, bisa memanfaatkan pada hari terakhir, karena akan ada kontes kue dalam hal ini roti, dan beberapa materi cara membuat martabak dengan menghadirkan chef handal,”ujar Lodi usai menyaksikan langsung demo culinary cara membuat soto betawi.

Selain ada demo cara membuat martabak loyang oleh chef-nya langsung, juga akan menghadirkan demo dari barista cara membuat kopi pilihan, yang saat ini tengah trend di wilayah Bekasi. Pada hari Minggu acara akan dimulai dari pagi hingga pukul 12.00 WIB khusus baking demo dan kemudian dilanjutkan kontes membuat roti.

“Kontes roti atau lomba membuat roti, siapa saja boleh ikut untuk besok dan kreasi rotinya akan dibagikan kepada pengunjung. Dan pemenangnya akan mendapatkan modal usaha,”tandasnya.

Menurutnya,  masyarakat tidak hanya menghadiri kontes, tetapi juga bisa melihat beragam produk UMKM yang berada di 30 tenan dalam bazaar di halaman kantor Kecamatan Bekasi Selatan. Ada lima produk utama bisa dilihat seperti Bendico, Golden Brown, Sinar Himalaya, Turbo yang menjual beragam peralatan rumah tangga.

Lihat juga...