Ratusan Warga Raja Ampat Mudik Natal Gratis

Ilustrasi - Kapal Pelni - Dok CDN

SORONG – Ratusan warga kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, mendapat pelayanan mudik Natal gratis dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Sorong.

Sebanyak 497 orang penumpang, dengan tujuan Distrik Kofiau kabupaten Raja Ampat, diberangkatkan dari pelabuhan umum Sorong, Minggu (22/12/2019) pukul 20.15 WIT. Mereka diberangkatkan dengan kapal perintis KM. Sabuk Nusantara 61.

Kepala KSOP Kelas I Sorong, M Takwin Masuku mengatakan, mudik gratis tersebut hasil kerjasama KSOP Kelas I Sorong dengan BUMN kemaritiman yakni Pelindo, Pelni, BKI dan ASDP. Kegiatannya bagian dari program BUMN hadir untuk negeri. Mudik gratis tersebut merupakan rasa kepedulian dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat di masa mudik Natal 2019 dan tahun baru 2020. Utamanya untuk warga di pulau-pulau terpencil Raja Ampat.

Menurut dia, mudik pada tahap pertama diikuti 497 orang. Sementara yang terdaftar diberangkatkan menuju ke Pulau Kofiau mencapai 925 orang. Mudik gratis tahap kedua, akan dilaksanakan pada 24 Desember 2019, dengan menggunakan kapal KM Sabuk Nusantara 62. “Kami berharap mudik gratis ini baik tahap pertama yang sudah berjalan maupun tahap dua pada 24 Desember 2019 nanti, berjalan dengan lancar dan masyarakat tiba dengan selamat di kampung halaman untuk merayakan Natal bersama keluarga,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...