Rayakan Natal, Tiga Kantong Parkir untuk Umat Kristiani

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gereja Katedral Jakarta sudah siap menggelar misa Natal 2019. Misa malam Natal akan berlangsung Selasa (24/12) pada pukul 16.30 WIB, 19.30 WIB dan pukul 22.00 WIB. Tema Natal tahun ini, ‘Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang’.

Humas Katedral dan Keuskupan Agung, Susyana Suwadie, mengatakan, pihaknya sudah menyediakan lahan parkir untuk umat Kristiani yang ingin menjalankan Misa.

Umat yang hendak beribadah dapat memarkirkan kendaraannya di Kantor Pos Logistik Indonesia, Sekolah Menengah Pertama Santa Ursula dan Masjid Istiqlal.

“Masjid Istiqlal memang sedang renovasi besar namun tetap menyediakan lahan parkir untuk umat yang akan datang,” ucap Susyana di Gereja Katedral, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/12/2019) siang.

Walaupun Masjid Istiqlal tengah direnovasi, kata Susyana, pihak Masjid Istiqlal tetap memberikan lapangan parkir walaupun terbatas.

“Di mana masjid Istiqlal memang sedang renovasi besar, namun tetap menyediakan lahan parkir bagi umat yang akan datang. Juga antisipasi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas,” ujarnya.

Susyana juga mengatakan apabila ada umat yang datang dengan diantar menggunakan kendaraan, dapat turun di depan gereja. Namun, akan lebih baik bila menggunakan transportasi umum demi mengurangi kepadatan lalu lintas.

“Bagi  umat yang akan datang itu kalau memang ada yang mengantar, bisa mengantar dan drop off  di depan gereja Katedral. Kemudian juga yang bisa menggunakan kendaraan umum akan lebih baik untuk mengurangi kepadatan,” jelasnya.

Dia juga mengimbau kepada umat Kristiani untuk tidak membawa barang-barang atau tas yang besar saat beribadah, hanya membawa barang keperluan secukupnya. Supaya umat bisa mengikuti perayaan Natal tahun ini, memfokuskan diri dengan mengikuti ibadah secara khidmat dan nyaman.

Sementara, pihak Masjid Istiqlal Jakarta memang tetap memberikan lahan parkir untuk umat Kristiani, meskipun lahan parkir Istiqlal masih dalam tahap renovasi.

“Iya masih dibangun, kalau untuk Natal sekarang ini parkirannya belum selesai Mbak,” kata Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, kepada Cendana News di Masjid Istiqlal Jakarta, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, terpisah.

Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, saat ditemui di pelataran Masjid Istiqlal Jakarta, Selasa (24/12/2019) – Foto: Lina Fitria

Abu menegaskan, parkiran itu tetap dibuka tapi karena area parkirnya sempit jadi pihaknya tidak bisa memperuntukkan secara khusus.

“Jadi ada tempat parkir di kita tinggal 10 persen. Siapa saja yang cepat, siapa saja bisa pakai. Silakan saja nanti kalau umat Gereja Katedral mau duluan, kalau ada ya langsung masuk. Tapi kalau sudah full, ya sudah tidak bisa masuk. Memang tidak diperuntukkan khusus karena masjid tetap dibuka untuk jemaah  yang ingin salat,” ujarnya.

Dia menekankan, parkiran Masjid Istiqlal tidak bisa menampung seperti perayaan Natal tahun lalu, sebanyak 2000 kendaraan. Saat ini renovasi parkiran masjid sudah mencapai 60 persen, rampungnya ditargetkan pada Mei 2020.

Lihat juga...