Reog Ponorogo Ramaikan Purbalingga Culture Vaganza

Editor: Makmun Hidayat

PURBALINGGA — Pertunjukan kesenian khas dari Jawa Timur, Reog Ponorogo menjadi pusat perhatian masyarakat Kabupaten Purbalingga yang berjubel menyaksikan gelaran Purbalingga Culture Vagansa, Sabtu (28/12/2019). Tokoh-tokoh dalam reog seperti Warok, Barongan dan lainnya yang tampil dengan kostum lengkap menyedot perhatian penonton.

Pemkab Purbalingga sengaja menghadirkan kesenian Reog Ponorogo sebagai bintang tamu dalam Culture Vaganza yang merupakan penutup rangkaian acara HUT Kabupaten Purbalingga ke-189. Grup kesenian asal Ponorogo ini diberi kesempatan untuk menunjukan kebolehannya sebelum mengikuti pawai yang dimulai dari Pendopo Dipokusumo dan finish di halaman Bank Jateng yang berjarak kurang-lebih 1,5 kilometer.

“Baru kali ini melihat pertunjukan Reog Ponorogo dari dekat, biasanya hanya lihat di televisi saja, kalau mau melihat langsung kan harus ke Jawa Timur,” tutur salah satu penonton, Gito.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi sepanjang jalan menyapa warga Purbalingga dalam acara Purbalingga Culture Vaganza, Sabtu (28/12/2019). -Foto: Hermiana E. Effendi

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi juga ikut dalam Purbalingga Culture Vaganza. Bupati berjalan di bagian depan dan sepanjang jalan melambaikan tangan kepada para penonton. Sesekali penonton ada yang menerobos untuk bisa berfoto bersama bupati.

Dalam sambutannya Bupati Purbalingga yang biasa disapa Tiwi ini mengatakan, Purbalingga Culture Vaganza merupakan gabungan dari Purbalingga Vaganza dengan pawai budaya. Sehingga kemasannya lebih meriah dan beragam. Ia berharap masyarakat Purbalingg bisa terhibur menyaksikannya.

“Saya sangat berbangga, masyarakat Kabupaten Purbalingga tumpah-ruah hari ini untuk menyaksikan Purbalingga Culture Vaganza, puluhan ribu masyarakat memadati sepanjang jalan rute pawai. Semoga gelaran acara ini bisa benar-benar menghibur dan memberikan kegembiraan bagi masyarakat,” katanya.

Tiwi berharap, acara tersebut bisa dijadikan agenda wisata tahunan Kabupaten Purbalingga. Dan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Purbalingga.

Penampilan berbagai macam kesenian tradisional Purbalingga, lanjut Tiwi, merupakan bentuk kepedulian pemerintah pada bidang kesenian dan kebudayaan. Bahkan Pemkab Purbalingga cukup intensif dalam  memfasilitasi berbagai macam kesenian. Saat ini Pemkab Purbalingga sedang mendorong sektor partiwisata yang ditunjang dengan berbagai  kesenian tradisional dan kearifan lokal setempat.

Sementara itu, Ketua Panitia Purbalingga Culture Vaganza, Siswanto mengatakan, penampilan unggulan hari ini berasal dari Banyuwangi Ethno Carnival dan sejumlah kabupaten tetangga yang ikut berpartisipasi.

Untuk rombongan Purbalingga Vaganza sendiri terdiri dari 118 orang dan untuk pawai budaya terdiri dari 62 grup kesenian dan 5 bintang tamu.

“Bintang tamu yang hadir pada pawai budaya berupa grup Reog Ponorogo, paguyuban etnis dan perantau seperti Ikatan Keluarga Minang, Tionghoa dan gabungan etnis Batak, Madura dan Arab,” pungkasnya.

Lihat juga...