Ribuan Kendaraan Menyeberang Melalui Bakauheni Saat Natal

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Sebanyak 5.742 unit kendaraan berbagai jenis, asal pulau Sumatera tujuan Jawa, menyeberang melalui pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Hasan Lessy, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Bakauheni menyebut, produksi angkutan kendaraan tersebut berlangsung saat Natal pada Rabu (25/12/2019), mulai dari pagi hingga malam hari. 5.742 unit kendaraan tersebut meliputi, 4.540 unit kendaraan roda empat atau lebih. Sebanyak 3.467 unit merupakan kendaraan pribadi, 150 unit truk, 923 unit bus dan sebanyak 1.202 unit kendaraan roda dua atau motor.

Jumlah kendaraan yang menyeberang pada saat Natal turun dibandingkan sehari sebelumnya atau Selasa (24/12/2019) yang mencapai 8.003 unit. Sementara, jumlah penumpang yang menyeberang saat Natal sesuai data mencapai 30.365 orang. Penumpang pejalan kaki diangkut melalui tiga dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif.

Hasan Lessy, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni saat ditemui Cendana News di kantornya, Rabu (25/12/2019) – Foto Henk Widi

Penumpang yang menyeberang saat Natal jumlahnya lebih sedikit dibanding sehari sebelumnya yang mencapai 43.173 orang. “Sesuai data harian ada penurunan, karena masyarakat memanfaatkan libur cuti bersama libur Natal dan masih akan berlibur saat Tahun Baru sehingga prediksi masih akan melonjak saat libur tahun baru,” ungkap Hasan Lessy saat dikonfirmasi Cendana News, Rabu (25/12/2019) malam.

Penumpang, kendaraan roda dua dan roda empat disebut Hasan Lessy, diseberangkan dengan 32 unit kapal roll on roll off (Roro). Jumlah kapal beroperasi di dermaga reguler mencapai 88 unit. Sebanyak empat unit kapal dioperasikan di dermaga eksekutif. Perhari produksi pelayanan penyeberangan tercatat mencapai 52 perjalanan kapal (trip).

Operasional enam dermaga pada angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) diklaim Hasan Lessy berjalan lancar. Kendaraan yang akan membeli tiket, dilayanan 29 loket pembelian tiket kendaraan. Sebanyak tiga loket untuk motor di dermaga eksekutif, sembilan loket motor di dermaga reguler, 11 loket mobil di dermaga reguler dan enam loket di dermaga eksekutif.

Sementara, untuk kelancara arus kendaraan, bersama Polres Lampung Selatan dilakukan kanalisasi dan manajemen rekayasa lalu lintas. Saat terjadi antrian kendaraan, petugas dikerahkan untuk mengarahkan ke dermaga reguler. Antusiasme masyarakat memakai dermaga eksekutif saat ini cukup tinggi. Pengguna kendaraan yang belum membeli tiket secara online,  diarahkan ke dermaga reguler mencegah antrian. Mengatasi antrian, sebanyak tujuh area parkir tersedia di dermaga dengan kapasitas 6.160 kendaraan.

Area parkir digunakan untuk mengantongi kendaraan jenis truk non sembako yang akan menyeberang. Saat terjadi kepadatan sejumlah kendaraan pribadi, bus dan motor diprioritaskan. Sisanya akan disebeberangkan dini hari, saat volume kendaraan mulai berkurang di dermaga.

Pantauan Cendana News pada Rabu (25/12/2019), sejumlah kendaraan truk menunggu di dermaga satu untuk menyeberang. Sebagian bus yang memilih dermaga eksekutif, masih menunggu kapal yang memiliki waktu tempuh sekitar 60 menit dari Bakauheni menuju Merak. Kondisi cuaca yang cukup bagus, mendukung kelancaran arus penyeberangan saat hari raya Natal di pelabuhan Bakauheni.

Lihat juga...