Ribuan Orang di Jambi Ikuti Tes Seleksi Panwascam

Ilustrasi sosialisasi pengawasan pilkada – Foto Ant

JAMBI – Sebanyak 2.573 peserta, masih bertahan mengikuti seleksi untuk menjadi anggota Panitia pengawas kecamatan (Panwascam), yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jambi.

Proses seleksi telah dimulai sejak Jumat (13/12/2019) lalu. “Saat ini dua ribu lebih calon peserta untuk seluruh Provinsi Jambi itu sudah mulai melaksanakan kegiatan tes online, untuk menjadi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam),” kata Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Rofiqoh Pebrianti, SP didampingu Humas Bawaslu Jambi, Dedy Himawan, di Jambi, Senin (16/12/2019).

Tes online digelar dengan menggunakan aplikasi socrative, di masing-masing Bawaslu Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jambi. Data yang masuk ke Bawaslu Provinsi Jambi, jumlah peserta seleksi Panwascam sebanyak 2.573 orang, terbagi dari 11 Kabupaten dan Kota.

“Tes online ini dibagi dalam beberapa sesi dari pagi hingga malam hari, sebagaimana jadwal yang sudah disampaikan ke para peserta tes dan setelah tes online akan dilanjutkan tes wawancara oleh Bawaslu Kabupaten dan Kota masing-masing,” kata Rofiqoh.

Setelah mengikuti tes online, peserta selanjutnya mengikuti tes wawancara, yang akan dilaksanakan 16 hingga 17 Desember. Dan pada Rabu (18/12/2019) akan diumumkan hasil dari tes. Pada 21 hingga 22 Desember 2019, akan dilakukan pelantikan anggota Panwascam terpilih serentak secara nasional, termasuk di Provinsi Jambi.

Saat ini, tim dari Bawaslu Provinsi Jambi juga sedang melakukan supervisi ke kabupaten dan kota, guna memastikan pelaksanaan tes berjalan dengan lancar. Supervisi ini dilakukan dalam rangka mempermudah koordinasi antara Bawaslu RI dengan Bawaslu kabupaten dan kota. Termasuk apabila ada kendala bisa segera diatasi.

Jumlah peserta tes online Panwascam se-Provinsi Jambi untuk Kota Sungai Penuh sebanyak 192 orang, Kabupaten Kerinci 395 orang, Kabupaten Merangin (389 orang), Sarolangun (175 orang), Bungo (365 orang), Tebo (213 orang), Batanghari (159 orang), MuaroJambi (160 orang), Tanjab Barat (159 orang) dan Kabupaten Tanjab Timur (135 orang) serta Kota Jambi sebanyak 231 orang.

Untuk diketahui, secara nasional ada sebanyak 54.619 peserta telah mendaftar sebagai calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Pendaftar tersebut, untuk daerah yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020. Dari jumlah tersebut, yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak 52.906 peserta. (Ant)

Lihat juga...