Rutan Mamuju Digeledah Kemenkumham Sulawesi Barat

Ilustrasi - Lapas -Dok: CDN

MAMUJU – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Barat menggeledah sejumlah ruangan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Mamuju, Sabtu (14/12/2019).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkum HAM) Sulawesi Bararat, Elly Yuzar mengatakan, selain melakukan penggeledahan, petugas juga melakukan tes urine. Hal itu dilakukan kepada seluruh tahanan dan narapidana yang ada di Rutan Mamuju. “Kami melakukan penggeledahan di sejumlah ruangan di dalam Rutan Mamuju. Kami juga melakukan pemeriksaan dan tes urine terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP),” kata Elly Yuzar, Sabtu (14/12/2019).

Sejumlah ruangan yang digeledah, di antaranya blok hunian, dapur, ruang bimbingan kerja, poliklinik dan saluran air. Sebelum melakukan razia, Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Rutan Mamuju, Sugandi, terlebih dahulu memberikan pengarahan kepada para pegawai dan WBP, untuk menjaga keamanan saat dilakukan razia.

Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan sejumlah barang yang tidak boleh disimpan di dalam ruangan sel para narapidana, yakni lima unit telepon genggam, empat pengecas atau pengisi daya telepon genggam, empat baterai telepon genggam, kabel data dan kabel listrik, sembilan korek gas, piring dan sendok, tujuh buah pisau cutter dan tiga buah kipas angin.

Razia untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di dalam Rutan dan Lapas juga dilakukan di Lapas Kelas IIB Polewali Mandar. Pada razia yang dipimpin Pelaksana Harian Kepala Lapas Kelas IIB Polewali Mandar, I Wayan Nurasta, didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Albar.

Dari kegiatan tersebut, berhasil menyita empat unit telepon genggam, lima buah buah pengecas dan delapan pak kartu remi. Kemudian tiga ikat pinggang, satu jam tangan, dua kabel usb, 24 sendok, 16 pisau cutter, sembilan korek gas, lima alat pencukur, 10 gunting, 24 piring, tiga gelas, parfum, mangkok, palu, empat gunting kuku, sembulan cermin, 11 besi atau kawat serta dua pak jarum.

Kanwil Kemenkum HAM Sulbar disebut Elly Yuzar, tidak akan mentolelir peredaran narkoba. Akan dilakukan penindakan tegas, jika ada oknum petugas Rutan maupun Lapas yang terlibat. “Kami berkomitmen memberantas peredaran narkoba di dalam Lapas dan Rutan dan kami akan memberikan saksi berat berupa pemecatan jika petugas terbukti terlibat dalam peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” tegas Elly Yuzar. (Ant)

Lihat juga...