Sambut Tahun Baru, Mekarsari Gelar Karnaval

Editor: Makmun Hidayat

BOGOR — Menyambut libur akhir tahun ini,  Taman Buah Mekarsari berinovasi menggelar karnaval yang berkonsep pasar malam modern untuk memberi alternatif hiburan bagi para pengunjung. Terutama yang berada di sekitar Taman Buah Mekarsari. 

Marketing Communication Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan, menjelaskan konsep ini akan memberikan akses waktu lebih lama bagi pengunjung untuk menikmati liburan di Taman Buah Mekarsari.

“Kan Mekarsari itu konsepnya tanaman dan kebun, sehingga waktu bukanya hanya dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore saja. Sehingga, kita menawarkan konsep pasar malam ini agar pengunjung bisa sampai malam di Mekarsari,” kata Firman saat ditemui di area Karnaval Mekarsari di Area Parkir Taman Buah Mekarsari, Bogor,  Minggu (22/12/2019).

Stand Taman Buah Mekarsari di Karnaval Mekarsari, Minggu (22/12/2019) -Foto: Ranny Supusepa

Ia menjelaskan bahwa pasar malam merupakan hiburan yang sudah dikenal oleh masyarakat,  dalam berbagai versi masing-masing. “Jadi kita menggandeng Perdana Ria, untuk menyajikan konsep pasar malam modern di Mekarsari,” urainya.

Pasar malam modern ini maksudnya adalah pasar malam dengan sajian yang lebih apik, wahana permainan yang lebih terjamin keamanannya dan produk yang lebih bervariasi.

“Lebih eye catching lah. Dan ada juga komunitas yang terlibat. Pastinya ada produk buah dari Mekarsari di dalam satu booth, terutama untuk buah yang lagi panen,” ucap Firman seraya menunjukkan booth Mekarsari.

Firman menyebutkan target pengunjung bisa mencapai 1.000 orang pada ujung Minggu.  “Kalau dari jam kunjungan Mekarsari, tidak akan berubah. Hanya kita arahkan saja, selesai dari wisata buah nanti pengunjung akan ke lokasi karnaval ini,” ujarnya.

PIC Karnaval Mekarsari Maki Acho menyebutkan akan ada  40 tenant yang terlibat selama 45 hari masa karnaval.

“Untuk permainan kita berkolaborasi dengan Perdana Ria. Ada 14 jenis permainan, seperti bianglala, ontang anting, kereta. Dan khusus untuk ujung minggu, akan hadir komunitas yang akan beraktivitas. Contohnya, untuk minggu ini, ada komunitas Zumba. Selanjutnya akan ada komunitas reptil, komunitas lari dan masih banyak lagi. Ada juga pertandingan karaoke,” kata Maki saat ditemui di lokasi Karnaval Mekarsari.

PIC Karnaval Mekarsari Maki Acho (kaos putih) saat menjelaskan acara Karnaval Mekarsari di lokasi acara karnaval, Area Parkir Taman Buah Mekarsari, Bogor, Minggu (22/12/2019). -Foto: Ranny Supusepa

Ia menyebutkan, Taman Buah Mekarsari memiliki potensi yang selama ini belum tergarap maksimal. Apalagi selama ini, Mekarsari hanya mengadakan acara di dalam Taman Buah Mekarsari, tidak pernah diluar.

“Contohnya, Mekarsari ini mempunyai kelebihan dalam hal tempat parkir. Pengunjung tidak usah khawatir gak dapat tempat parkir kalau disini. Mekarsari ini luas banget,” urainya.

Selain itu, masyarakat sekitar juga membutuhkan hiburan. Sehingga, hadirnya karnaval dengan konsep pasar malam modern ini akan bisa menjadi pengisi liburan akhir tahun.

Tenant yang ada itu multi produk. Tapi 60 persen memang kuliner. Pengunjung bisa menikmati dari jam 12 siang hingga jam 10 malam untuk weekend dan pada hari biasa mulai pukul 4 sore hingga jam 10 malam,” ucapnya.

Khusus untuk malam tahun baru, Maki menyebutkan karnaval akan berlangsung hingga pukul 1 dini hari.

“Akan ada kembang api nanti saat malam tahun baru,  doorprize dan dangdutan. Jadi warga sekitar bisa hadir disini, menikmati hiburan dan akhirnya bermalam tahun baru disini juga. Khusus untuk tahun baru ini, akan ada biaya masuk Rp25 ribu, tapi kalau hari biasa gratis,” pungkasnya.

Lihat juga...